Berita

Ramadhan, Dinkes Kabupaten Bantul Perketat Pengawasan Kualitas Pangan

Rabu Pon, 7 Juni 2017 10:38 WIB 129

foto
Etty Dwi Riswanti, SKM staff Kesehatan Lingkungan Kerja dan Olahraga (KKO) Dinkes Kabupaten Bantul yang juga sebagai petugas laboratorium saat melakukan pengecekan bahan makanan yang terkandung pada Senin 6 Mei 2017 di Nitipuran, Kasihan, Bantul. Dinkes/YA

Bantul, Dinkes-Jelang Ramadhan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantul memperketat pengawasan kualitas pangan ke sejumlah sarana distribusi pangan di Kabupaten Bantul. Nitakrit Rustaminingsi, S.Farm Anggota Tim Keamanan Pangan Dinkes Kabupaten Bantul mengungkapkan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun saat Ramdhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen dari Dinkes bantul dalamm menjamin peredanan makanan dan minuman di Bantul layak dikonsumsi dan terhindar dari bahan-bahan berbahaya.

“Kami akan melakukan pengawasan peredaran makanan dan minuman di sejumlah penjualan makanan takjil/buka puasa dan beberapa sarana distribusi pangan seperti pasar tradisional, toko kelontong dan warung,” tambah Nita.

Dalam kegiatan ini Seksi Pelayanan dan Penjaminan Mutu  melibatkan beberapa pihak seperti Petugas Laboratorium dari Seksi Kesehatan Lingkungan Kerja dan Olah Raga (KKO), Seksi Farmasi dan bahan Kimia (Farmakmin), Satpol PP, dan Kepolisian. Tim Keamanan pangan ini akan melakukan pengawasan makanan di beberpa lokasi di Bantul selama enam hari dari tanggal 5-8 Mei 2017 dan 13-15 Mei 2017.

Dalam kegiatan pengawasan kali ini Dinkes Kabupaten Bantul menemukan beberapa makanan yang mengandung bahan berbahaya.

“Kami menemukan bahan Rhodamin B, Formalin hingga Borak di Makanan seperti Mie dan Sosis,” Ujar Etty Dwi Riswanti, SKM staff Kesehatan Lingkungan Kerja dan Olahraga (KKO) Dinkes Kabupaten Bantul yang juga sebagai petugas laboratorium.

Nitakrit Rustaminingsih mengungungkapkan Dinkes akan melakukan pembinaan makanan kepada pedagang yang menjual makanan dengan bahan berbahaya dan menarik makanan atau minuman tersebut. (YA)