Berita

Dinkes Siapkan 438 Personel untuk Jaga Pos Kesehatan Lebaran 2017

Sabtu Kliwon, 24 Juni 2017 20:52 WIB 205

foto
Drs H Suharsono Bupati Kabupaten Bantul bersama drg. Maya Sintowati Pandji, M.M Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, Polri, PMI dan Petugas Kesehatan di Pos Kesehatan Lebaran 2017 di Pasar Seni Gabusan pada Jumat 23 Juni 2017. Dinkes/YA

Bantul, Dinkes-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantul, akan menyiapkan pos kesehatan di sejumlah kawasan wisata dan jalan raya selama libur Idul Fitri 1538 H.

“Terkait pengamanan lebaran 2017, dinkes mendirikan 4 pos kesehatan di titik jalan raya dan 5 lainnya di kawasan wisata di Kabupaten bantul,” ungkap dr Tarsisius Bintarta HS, M.Kes Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kabupaten Bantul, Rabu (21/6).

Menurut Bintarta pendirian Pos Kesehatan (Poskes) di sejumlah titik di Kabupaten Bantul bertujuan mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang tidak terduga saat perjalanan mudik maupun saat berlibur di kawasan Bantul. Dalam penyelenggaraan Poskes ini Dinkes Bantul menyiagakan sebanyak 438 petugas kesehatan yang ditempatkan di jalur mudik. Petugas medis tersebut beranggotakan dokter, perawat dan sopir ambulance untuk membantu pelayanan kesehatan pemudik.

“Kami siagakan 438 personel tenaga medis di seluruh posko mudik di Kabupaten Bantul,” tambahnya. Ia menjelaskan 288 orang untuk Pos Kesehatan Jalan Raya sedangkan 150 orang lainnya untuk Pos Kesehatan Tempat Wisata.

Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Rujukan dan Bencana RR Endah Wahyuni, S.KM, M.PH juga menjelaskan bahwa ratusan petugas kesehatan itu akan mulai bertugas siang dan malam hari mulai H-7 hingga H+7 lebaran tahun ini.

“untuk Poskes Jalan Raya kami melayani 24 jam dengan pembagian kerja 3 shift sedangkan untuk Poskes Tempat Wisata hanya sampai jam enam sore” terangnya. Selain Puskesmas dan Rumah Sakit yang ada di Bantul, Dinkes Kabupaten Bantul juga bekerja sama dengan Klinik Pratama serta PMI Bantul. (Dinkes/YA)