Berita

Wabup: Kesehatan Pondasi Utama

Senin Legi, 14 Agustus 2017 08:44 WIB 88

foto
Wakil Bupati Kabupaten Bantul Drs Abdul Halim saat memberikan sambutan dalam Rapat Kerja Kesehatan Daerah (rakerkesda) Kabupaten Bantul 2017 di Hall Husada Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul pada Rabu, 9 Agustus 2017. Dinkes/YA

Bantul, Dinkes- Wakil Bupati Kabupaten Bantul Drs Abdul Halim, membuka Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Kabupaten Bantul 2017 di Hall Husada Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul. Acara yang diikuti oleh beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Bantul, Dekan Fakultas Kedokteran yang bekerjasama dengan Dinkes Bantul, Direktur Rumah Sakit di Kabupaten Bantul, Polres, IDI, TP-PKK, IBI, Hakli, Persagi, Kodim dan 27 Kepala Puskesmas se Kabupaten Bantul.

Baca: 1200 Guru Bantul Deklarasi Hidup Sehat di Kampanye Germas

Rakerkesda yang dilaksanakan pada Kamis, 8 Agustus lalu mengangkat tema menuju Bantul Sehat melalui Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

“Kesehatan merupakan pondasi utama dari peningkatan pembangunan masyarakat dan daya saing di era globalisasi,” ajak Wabup, Rabu (9/8). Ia juga menegaskan Germas merupakan program Pemerintah Pusat yang selaras dengan visi-misi Pemerintah Daerah Bantul mewujudkan masyarakat Bantul yang sehat, cerdas dan sejahtera.  

“Gerakan masyarakat, Germas harus didukung oleh seluruh elemen organisasi daerah dan masyarakat guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Bantul yang berimpact pada peningkatan daya saing masyarakat,” tegas Wabup Kabupaten Bantul. Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Bantul mengeluarkan Instruksi Bupati No 1 Tahun 2017 tentang Makan Buah dan Sayur yang mendukung Instruksi Presiden No 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masayarakat Hidup Sehat.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantul, drg. Maya Sintowati Pandji., MM juga menegaskan bahwa persoalan kesehatan di Kabupaten Bantul tidak bisa hanya dilimpahkan pada Dinas Kesehatan saja.

“Dalam persoalan kesehatan kita kenal dengan upaya promotif, perventif, kuartif dan rehabilitatif. Dimana kerja-kerja promotif dan perfentif tidak hanya bisa diselelsaikan oleh kami sendiri. Butuh dukungan dan keterlibatan dari lintas sector,” jelas drg. Maya. Germas, menjadi program penguatan upaya promotif dan preventif masyarakat.  Sehingga perlu meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat untuk hidup sehat, meningkatkan produktivitas masyarakat sehingga dapat mengurangi beban biaya kesehatan.

Baca Juga: Optimalisasi Ambulance Desa, Dinkes Undang Lintas Sektor

Oleh karena itu dalam acara ini diundang perwakilan dari berbagai organisasi perangkat daerah di Kabupaten Bantul guna mensukseskan Germas di Kabupaten Bantul. Dinkes/YA