Berita

Puskesmas Banguntapan II Dampingi Launching Posyandu Sakinah

Senin Legi, 14 Agustus 2017 11:37 WIB 116

foto
Ibu-Ibu Kader Posyandu Sakinah saat melakukan Posyandu pada Jumat 11 Agustus 2017. Dinkes/YA

Bantul, Dinkes- Puskesmas Banguntapan II pada Jumat (11/8) mendampingi launching Posyandu Balita “Sakinah”. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Sekolah Madrasah Ibtidaiyyah Tahfidzul Qur’an ini adalah bentuk upaya masyarakat terhadap memantau kesehatan balita di lingkungan Yayasan Jamilurrahman.

Baca: Wabup: Kesehatan Pondasi Utama

“Ini adalah upaya yang kami lakukan dalam rangka memantau dan meningkatkan kesehatan balita di wilayah kerja Puskesmas Banguntapan II termasuk Yayasan Jamilurrahman ini,” ujar dr Wahyu Pamungkasih Kepala Puskesmas Banguntapan II saat ditemui pada Minggu (13/8).  


Posyandu Sakinah sebelumnya bergabung dengan Posyandu As-Syifa yang berada diwilayah Glondong namun karena jumlah balita semakin bertambah sehingga perlu adanya posyandu yang baru.


“Awalnya kami ikut di Posyandu As-Syifa namun karena jumlah balita semakin bertambah dan wilayah administrative yang berbeda As-Syifa di wilayah glondong sedangkan kami di wilayah kepuh jadi kami membuat Posyandu khusus di daerah kepuh,” jelas Iim Susanti Ketua Kader Posyandu Sakinah


Menurutnya respon dari masyarakat sekitar yayasan sangat baik dan mendukung. Hal ini terbukti pada saat melaunching sudah terdaftar 15 ibu-ibu bersedia menjadi kader posyandu yang membantu berlangsungnya kegiatan posyandu Sakinah yang melayani posyandu 80 anak.


“Alhamdulillah.. jadi ballita yang ada disini menjadi terdata dan juga layanan kesehatan dari pemerintah dapat tersampai kepada kita,” tambah Iim.


Ia juga menambahkan peran kader selain membantu pelaksanaan posyandu namun juga membantu mencari informasi kesehatan dari pemmerintah dalam hal ini Puskesmas Banguntapan II, lalu menginformasikan kepada orang tua yang mengikuti posyandu di posyandu Sakinah.


“Kami harap kepada masyarakat khususnya ibu hamil dan memiliki balita agar rajin berkunjung ke Posyandu untuk belajar pemenuhan gizi seimbang dan dipraktekan di kehidupan sehari-hari,” tambah dr Wahyu. dr Wahyu juga berharap program posyandu ini bisa diterima dan diterapkan di masyarakat di Banguntapan.  Dinkes/YA

Baca Juga: Puskesmas Pandak II Melakukan Pembinaan Sekolah Sehat di TK Gluntung Kidul