Berita

Karnaval 2017 Dinkes Usung Tema "Germas untuk Generasi Hebat"

Senin Pon, 21 Agustus 2017 10:33 WIB 428

foto
Team Karnaval Dinkes 2017 saat mengikuti "Karnaval Kabupaten Bantul 2017" pada Sabtu, 19 Agustus 2017.

Bantul, Dinkes- Banyak cara yang bisa dilakukan masyarakat dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-72. Salah satunya dalah yang dilakukan masyarakat Kabupaten Bantul dengan menyelenggarakan Karnaval. Gelaran Karnaval dan mobil hias Kabupaten Bantul 2017 ini diikuti oleh kantor/Dinas, Sekolah, Penggiat Seni, Swasta serta elemen masyarakat dari berbagai profesi di Kabupaten Bantul.

Karnaval yang diselenggarakan pada Sabtu, 19 Agustus 2017 ini di lepas langsung oleh Bupati Bantul Suharsono beserta Ibu Bupati.

“saya banggga dan mengapresiasi kepada semua pihak atas terselenggaranya kegiatan karnaval ini, saya ucapkan selamat dan sukses semoga dapat menghibur dan menginspirasi masrakat di Kabupaten Bantul” terang Drs Suharsono.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantul yang juga turut hadir di gelaran karnaval ini mengususng tema “Kerja bersama sukseskan Germas guna wujudkan generasi Hebat”. 

“Dinkes tahun ini sedang gencar-gencarnya mempromosikan program nasional Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), oleh karena itu kami mengusung tema bekerja bersama sukseskan germas wujudkan generasi hebat” terang Sri Sudewi., ST. MPH Kepala Promosi dan Kesehatan Masyarakat Dinkes Kabupaten Bantul. Ia juga menambahkan focus utama Dinkes Kabupaten Bantul tahun ini adalah makan buah dan sayur, cek kesehatan dan aktifitas fisik.

Baca: Ribuan Pengunjung datangi Stand Dinkes Bantul di Bantul Expo 2017

Untuk menginterpretasikan tema yang diusung, Dinkes melibatkan 179 orang, dimana mereka memakai kostum untuk mengajak sukseskan germas. Artibut yang dipakai seperti brokoli, wortel, pisang, salak, bola, cock, raket, instruktur senam, tensi meter, puskesmas, dokter, guru, perawat,chef,  anak sekolah (SD, SMP dan SMA), pegawai swasta, polisi, tentara, petani, driver, teknisi. Tak hanya itu untuk mengangkat local wisdom dinkes juga mengangkat tokoh punokawan, srikandi serta gathotkaca. 

Tak hanya melalui kostum Tim dari Dinkes juga mengajak masyarakat melalui lagu-lagu. Dimana lagu-lagu yang di nyanyikan merupakan lagu hasil aransemen tim Dinkes. Seperti aransemen lagu Marai Cemburu yang liriknya diganti mengajak sukseskan Germas.

Gumun aku karo kowe

Wis tak kandani ratau kok gatek ake

Ayo mangkat ning Posbindu

Priksa rutin memantau kesehatan

 

Wingi kowe uwis janji

Kebiasaanmu ra bakal mbok baleni

Nganti sayah le ngandani ojo ngeyel nindakno deteksi dini

 

Pengin gandeng tanganmu

Dan kutunjukan padamu

Olahraga teratur

Makan buah dan sayur

Cek kesehatan secara teratur

Dinkes/YA