Berita

49 Kursi Roda Dibagikan untuk Difable di Kabupaten Bantul

Rabu Pahing, 30 Agustus 2017 08:23 WIB 140

foto
Salah satu petugas UCP saat mengepaskan kursi roda bagi peserta jamkesus. Dinkes/YA

Bantul, Dinkes- Sebagai tindak lanjut pelayanan Jaminan Kesehatan Khusus (Jamkesus) Jamkesos DIY bersama Unit Cerebal Palsy (UCP), Dinas Kesehatahn (Dinkes) Kabupaten Bantul, dan Dinas Sosial Kabupaten Bantul membagikan 49 kursi roda bagi peserta jamkesus. Kegiatan yang diselenggarakan selama tiga hari ini (28-30 Agustus 2017) dilaksanakan di dua tempat.

Baca: 177 Penyandang Disabilitas di Bantul Ikuti Pelayanan Jamkesus

“Kami melaksanakan di dua tempat, 28-29 Agustus dilaksanakan di Hall Husada Dinkes Kabupaten Bantul sedangkan untuk tanggal 30 Agusutus dilaksanakan di Aula Dinas Sosial Kabupaten Bantul,” terang Saptono Iman Budisantoso., S.KM., M.Kes Kepala Seksi Kemitraan Dinkes Kabupaten Bantul. Ia juga menambahkan pada hari pertama dan kedua penerimaan dan pengepasan kursi roda yang dilaksanakan di Hall Husada Kabupaten Bantul, 37 peserta jamkesus telah menerima kursi roda. Sedangkan sisanya yang berjumlah 12 orang akan diberikan di Aula Dinas Sosial Kabupaten Bantul.

Dalam kegiatan ini panitia tidak hanya memberikan kursi roda namun juga melakukan pengepasan ukuran kursi roda sesuai dengan kebutuhan peserta jamkesus yang hadir.


“kursi roda khusus difable memang harus memiliki fleksibilitas yang bisa disesuaikan dengan kondisi penggunanya” ujar Arizal Admin Service UCP. Untuk mengakomodasi kebutuhan yang beragam tersebut, maka UCP menciptakan adaptive wheelchair (kursi roda adaptif) yang dirancang dengan menyesuaikan kebutuhan masing-masing peserta jamkesus.


Tak hanya itu panitia juga melatih para pendamping peserta jamkesus mengenai penggunaan dan perawatan kursi roda. 


“Keberadaan pendamping menjadi penting untuk membantu peserta menggunakan kursi roda,” tegas.
 (Dinkes/YA

Baca juga: Ratusan Penyandang Disabilitas di Bantul Ikuti Jamkesus