Berita

Dinkes Kabupaten Bantul Lakukan Bimtek Pelayanan Kesehatan di 27 Puskesmas

Rabu Wage, 6 September 2017 09:46 WIB 64

foto
Staf Pelayanan Kesehatan Dasar Dinkes kabupaten Bantul saat melakukan Bimtek Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Sanden di dampingi oleh Kepala Puskesmas Sanden dr Anastasia Endar. Dinkes/YA

Bantul, Dinkes- Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI telah mengeluarkan Permenkes No 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) . Olehkarena itu Dinas Kesehatan (Dinkes) sebagai kepanjangan tangan Kemenkes RI selalu berupaya memantau penerapan peraturan SPM tersebut di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) se Kabupaten Bantul. 

Baca : Empat Puskesmas di Kabupaten Bantul Jalani Penilaian Akreditasi


Dinkes Kabupaten Bantul pada Senin (4/9) lalu melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pelayanan Kesehatan di 3 Puskesmas. Ketiga Puskesmas tersebut adalah Puskesmas Srandakan, Puskesmas Sanden dan Puskesmas Pundong. 


“Bimtek ini akan dilakukan di 27 Puskesmas di Kabupaten Bantul, dan untuk hari ini kami mulai dengan 3 Puskesmas yaitu Srandakan, Sanden dan juga Pundong,” terang Dyah Pangesti Utami, SKM., MSE Kepala Seksi Pelayanan Dasar dan Tradisional. Ia menambahkan memastikan layanan yang diberikan Puskesmas sebagai FKTP kepada masyarakat berjalan dengan baik merupakan salah satu tugas Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantul.


Bimtek tersebut merupakan upaya Dinkes Kabupaten Bantul dalam rangka melakukan pemetaaan keberadaan sarana kesehatan merupakan hal penting, termasuk melakukan evaluasi fasilitas yang ada dan juga ketersediaan sumber daya manusia (SDM). 


Selain untuk memastikan pelayanan berjalan dengan baik, pemantauan langsung ke lapangan ini juga untuk melihat secara langsung kondisi sarana dan prasarana puskesmas, termasuk menggali kendala pelayanan di Puskesmas. 


 “Kita ingin melihat langsung bagaimana pelayanan yang diberikan oleh teman-teman Puskesmas dan juga bagaimana kondisi sarana prasarana yang ada di Puskesmas,” ungkap Dyah. Menurutnya memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan baik harus menjadi perhatian serius. Namun untuk memberikan pelayanan yang terbaik juga perlu dukungan sarana dan prasarana yang baik pula. Dinkes/YA

Baca Juga: 8 Puskesmas di Bantul Sekarang Sudah Tersedia Layanan Psikologi