Berita

Terapi Kolaboratif, Puskesmas Imogiri I Ajak Curhat dan Aktifitas Fisik ODGJ

Rabu Legi, 13 September 2017 09:16 WIB 104

foto
Senam Bersama 40 ODGJ dan pendampingnya di Halaman Puskesmas Imogiri I pada Sabtu, 9 September 2017. Dinkes/YA

Bantul, Dinkes-Sebanyak 40 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dan para pendampingnya melakukan senam bersama yang dilanjutkan dengan sesi curhat di Puskesmas Imogiri I. dr Suprabandari Kepala Puskesmas Imogiri I mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Hari Kesehatan nasional (HKN). 


“Kegiatan ini sudah pernah dilaksanakan pada Maret lalu, dan kali ini merupakan kedua kalianya kami lakukan selain komitmen Puskesmas Imogiri dalam menangangi masalah kesehatan jiwa juga kebetulan bulan September-november ini merupakan bulan kesehatan nasional,”  terang dr Suprabandari. 


Kegiatan berkala yang dilakukan oleh Puskesmas Imogiri I ini merupakan upaya Puskesmas dalam merangkul para penderita ODGJ dan keluarganya/pendampingnya. 


“Ini adalah upaya terapi kolaboratif terintegrasi terhadap Orang dengan gangguan jiwa (ODGJ-red), karena penyembuhan mereka tidak hanya dengan obat saja namun juga perlu kegiatan lain seperti curhat dengan psikiater dan juga sentuhan kasih sayang dari orang disekitar,” tambah dr Supra. 


Selain untuk ODGJ kegiatan ini juga diperuntukan kepada para pendamping. Para pendamping juga mengikuti sesi curhat. Tekanan Keluarga dan masyarakat bisa menjadi masalah. Tekanan malu nggak kuat batin hingga kehilangan muka menjadi masalah yang muncul bagi keluarga kandung atau pendamping. 


“Jangan sampai masalah malu itu dipendam oleh para pendamping, mereka juga perlu diperhatikan,” pungkasnya.  Dinkes/YA 

Baca : 49 Kursi Roda Dibagikan untuk Difable di Kabupaten Bantul