Berita

Sukseskan Germas, Dinkes Lakukan Sosialisasi Germas kepada Lintas Sektor se-Bantul

Kamis Legi, 7 Desember 2017 15:58 WIB 76

foto
Yulia Irene Henny Wahyunarni, SKM. MPH Kepala Seksi Promosi Kesehatan (Promkes) Dinkes DIY saat memaparkan materi berkaiatan Germas kepada tamu undangan. dinkes/YA

Bantul, Dinkes-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantul, gencar mensosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Gerakan masyarakat yang diluncurkan di Bantul tepatnya Tamanan, Banguntapan Bantul pada November 2016 lalu ini di resmikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Menurut Saptono Iman Budi, M.Si Germas merupakan langkah pemerintah secara nasionaldalam rangka menyadarkan secara promotif dan preventif dengan tujuan untuk menurunkan beban penyakit baik kesakitan, kematian maupun kecacatan. Dimana pihaknya terus berupaya mensukseskan gerakan ini di Bantul.

“Kita akan selalu mengingatkan masyarakat secara terus menerus, dari berbagai elemen agar tujuan dari germas ini dapat terwujud,” ungkap Saptono.

Yulia Irene Henny Wahyunarni, SKM. MPH Kepala Seksi Promosi Kesehatan (Promkes) Dinkes DIY mengungkapkan seluruh elemen masyarakat harus bahu membahu mensukseskan Germas.

“Sebagai salah satu pengambil kebijakan di instansi, perlu adanya sebuah kebijakan yang mendukung sukseskan Germas seperti contoh menu makan atau snack berunsur buah & sayur,” ungkapnya.

Kegiatan Sosialisasi Germas yang diselenggarakan selama tiga hari 20 November, 27 november dan 4 Desember 2017 ini dilaksanakan di Hotel Ros In. Untuk peserta sosialisasi ini sendiri Dinkes mengundang Lintas sector, Lurah, Puskesmas, Perwakilan Instansi Pendidikan serta Perwakilan Perusahan di Kabupaten Bantul. Dinkes/YA