Berita

Dinkes gelar Pelatihan PIS-PK Angkatan Ke-2

Selasa Pahing, 2 Januari 2018 11:55 WIB 1536

foto
dr Fauzan Kepala Puskesmas Pleret dan Mohammad Sofyan Staff Dinkes saat melakukan Program Pengalaman lapangan (PPL) di RT 3 di wilayah Kecamatan Bambanglipuro. Dinkes/YA

Bantul, Dinkes-Dalam rangka penyukseskan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS_PK), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantul menyelenggarakan pelatihan Pembinaan Keluarga Sehat yang digelar selama  tiga hari (4-6 Desember 2017) di Bapelkes DIY.

Pelatihan Keseluarga Sehat, diikuti oleh 27 Puskesmas dan Dinkes dengan jumlah peserta 32 orang yang terdiri dari Kepala Puskesmas, penanggungjawab program PIS-PK Puskesmas dan Staff Dinkes.

“Sebelumnya ada 5 Puskesmas yang telah mendapatkan pelatihan di tahun 2017, dimana kelima Puskesmas tersebut merupakan Puskesmas Lokus PIS-PK yang ditunjuk oleh Kemenkes,” terang Dyah Pangesti Utami, SKM. M.SE Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Dasar dan Tradisional (Yankestrad).

Kelima Puskesmas yang telah mendapatkan pelatihan dan telah melakukan pembinaan PIS-PK adalah Puskesmas Sanden, Puskesmas Kasihan 1, Puskesmas Kretek, Puskesmas Sewon 1 dan Puskesmas Bambanglipuro.

Dalam pelaksanaanya menurut Dyah program ini sebelumnya dilaksanakan secara bertahap. Pada tahun 2016 lalu dilaksanakan sesuai kemampuan Puskesmas, misalnya jika tidak mampu pendataan untuk satu kecamatan atau wilayah pembinaan Puskesmas maka pembinaan dilakukan untuk 1 Desa.

“Kami berharap pada tahun 2018 mendatang pelaksanan PIS-PK di Kabupaten antul dapat berjalan dengan optimal di seluruh Bantul sehingga memiliki daya ungkit mencapai SPM bidang Kesehatan,” ungkap Dyah.

Program Indonesia Sehat ini adalah salah satu cara Puskesmas sebagai garda terdepan pelayanan kesehatan dapat meningkatkan jangkauan sasaran dan mendekatkan akses pelayanan kesehatan di wilayah kerjanya. Sehingga tidak hanya melakukan pelayanan kesehatan di dalam gedun menunggu pasien datang untuk berobat ke Puskesmas namun proaktif turun ke masyarakat mendatangi rumah ke-rumah.

Diakhir kegiatan pelatihan peserta PIS-PK diwajibkan untuk mengikuti   Program Pengalaman Lapangan (PPL) selama satu hari dengan melaksanakan pendataan PIS-PK di 3 RT di wilayah Kecamatan Bambanglipuro. Dinkes/YA