Berita

Seluruh Puskesmas di Kabupaten Bantul telah Terakreditasi

Senin Pon, 8 Januari 2018 09:49 WIB 563

foto
Foto bersama Petugas Puskesmas dengan Surveior usai Penilaian Akreditasi di Puskemas Banguntapan I. Dinkes/YA

Bantul, Dinkes-Dinas Kesehaatan (Dinkes) Kabupaten Bantul pada tahun 2017 kemarin mengajukan 12 akreditasi puskesmas di wilayah bantul kepada Komite Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di Kementrian Kesehatan (Kemenkes). Pada tahun sebelumnya 15 Puskesmas telah mendapatkan penilaian akreditasi .

“Pengajuan penilaian akreditasi dilakukan secara bertahap, pada tahun 2017 lalu akhirnya seluruh Puskesmas di Kabupaten Bantul telah memperoleh akreditasi,” ungkap Dra Arifah Khusnani, M.Si di ruangannya, Senin (8/1).

Hingga saat ini dari 27 Puskemas di Kabupaten Bantul telah terakreditasi, 15 Puskesmas di tahun sebelumnya dan 12 Puskesmas di tahun 2017. 12 Puskesmas yang diakreditasi pada akhir tahun lalu yaitu Puskesmas Dlingo I, Puskesmas Dlingo II, Puskesmas Imogiri I, Puskesmas Kretek, Puskesmas Kasihan II, Puskesmas Bantul II, Puskesmas Sewon I, Puskesmas Sewon II, Puskesmas Sedayu I, Puskesmas Sedayu II, Puskesmas Banguntapan I dan Puskesmas Banguntapan III.

Dari 12 Puskesmas yang diajukan Komisi Akreditasi FKTP, Komisi memutuskan dan menetapkan status 9 Puskesmas, yaitu 4 Utama (Puskesmas Kretek, Puskesmas Dlingo II, Puskesmas Sewon II), dan 5 Madya (Puskesmas Bantul II, Puskesmas Sewon I, Puskesmas Sedayu I, Puskesmas Sedayu II dan Puskesmas Imogiri I). Dan hasil untuk 3 Puskesmas lainnya ( Puseksmas Banguntapan I, Puskesmas Banguntapan III dan Puskesmas Kasihan Ii) menyusul.

Dyah Pangesti Utami, SKM, MSE Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Dasar & Tradisional mengungkapkan bahwasanya Akreditasi ini penting selain sebagai peningkatan pelayanan di Puskesmas juga berkaitan dengan syarat yang ditentukan BPJS.

“BPJS menyatakan pada tahun 2019 bahwa kerjasama akan dilakukan kepada Puskesmas yang terakreditasi, oleh karena itu kami berusaha untuk memenuhi syarat yang ditetapkan, dan tentunya kami terus melakukan pendampingan agar pelayanan Puskesmas terstandar,” ungkapnya.

Dra Arifah mengungkapkan pada tahun 2018 ini Dinkes mengajukan reakreditasi untuk 5 Puskesmas. Kelima puskesmas tersebut yaitu Puskesmas Bambanglipuro, Puskesmas  Jetis I, Puskesmas Jetis 2, Puskesmas Imogiri I, dan Puskesmas Srandakan. Dinkes/YA

 

Baca: Puskesmas Sewon II Tunjukan Pesonanya di depan Tim Surveior Akreditasi FKTP