Berita

Rangkaian Tes Kebugaraan Untuk Calon Haji 2018

Senin Pahing, 26 Februari 2018 09:43 WIB 380

foto
Hanung Raharjo, ST Ketua DPRD Kabupaten Bantul yang juga menjadi salah satu Calhaj 2018 saat melakukan cek tensi dasar pada Tes Kebugaran Jasmani pada Ahad, 26 Februari 2018. Dinkes/YA

Bantul, Dinkes- Sebanyak 970 calon jamaah haji (calhaj) asal Kabupaten Bantul tahun 2018 mengikuti tes kebugaraan di Halaman Kompleks Pemda II Kabupaten Bantul tepatnya di depan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantul, Sabtu (24/2). Bambang Agus Subekti, SKM, MPH Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinkes Bantul mengungkapkan bahwa kegiatan Tes Kebugaraan bagi Calhaj Tahun 2018 ini diselenggarakan dalam dua hari dengan pembagian tiap hari adalah 5 gelombang dan dimulai pada pukul 06.00 hingga selesai. Hari pertama dilaksanakan pada Sabtu pagi, 24 Februari 2018 dengan perserta 500 Calhaj. Kemudian hari kedua dilaksaknakan pada keesokan harinya, Minggu 25 Februari 2018 dengan jumlah 470.

“Melihat jumlah yang cukup banyak sehingga kami putuskan tes Kebugaraan calhaj ini dilakukan dalam dua hari pada hari pertama diikuti oleh 500 peserta dan selebihnya di hari kedua,”ungkap Bambang.

Bambang mengungkapkan tujuan dari kegiatan ini adalah melihat kebugaran serta kesehatan para calon Jemaah haji, sehingga para calon haji dapat memiliki kondisi kesehatan yang optimal menjelang keberangkatan.

“Meski masih kurang lebih 5 bulan lagi sebelum masa pemberangkatan, para calhaj dituntut mempersiapkan diri sebaik mungkin tak hanya rohani namun juga persiapan fisik,”ujar Bambang.

Hal ini juga yang diungkapkan oleh Emi Masruroh, S.Pd Istri Wakil Bupati Bantul dan juga merupakan salah satu Calhaj 2018 mengungkapkan agar dapat istitah dalam haji perlu dilakukan berbagai persiapan baik rohani maupun fisik.

“Dalam persiapan fisik saya selalu melakukan Germas yaitu aktifitas fisik minimal dua kali seminggu seperti jogging pagi atau bersepeda, kemudian makan buah dan sayur setiap hari, perbanyak air minum, dan istirahat yang cukup,” ungkap Ibu Wabup Kabupaten Bantul, Sabtu (24/2).

Hanung Raharjo, ST Ketua DPRD Kabupaten Bantul yang juga menjadi salah satu Calhaj 2018 mengungkapkan apresiasinya kepada Dinkes Kabupaten Bantul karena sudah sangat baik memberikan pelayanan kesehatan bagi para Calhaj asal Kabupaten Bantul.

“Kami sebagai calon jemaah haji sangat mengapresiasi pelaknsanaan tes kebugaran jasmani ini. Karena kegiatan ini sangat efektif untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani para calon jamaah dan menjadi dasar bagi kami untuk menentukan latihan fisik dalam rangka menjaga kebugaraan sebagai bekal keberangkatan,”ujar Hanung, Ahad (25/2).

Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga Dinkes Kabupaten Bantul, Yanatun Yunadiana, S.Si, M.Si  menuturkan pelayanan yang diberikan antara lain pemeriksaan (tinggi badan (TB) dan berat badan (BB) untuk menentukan Indeks Masa Tubuh (IMT), dilanjutkan tensi darah (TD)&nadi sebelum dan sesudah jogging sepanjang 1,6 kilometer, pemeriksaan dan terakhir konsultasi dokter untuk menentukan tes kebugaran dan latihan fisik yang diperlukan.

Yanatun mengungkapkan Dinkes melibatkan 68 orang, dimana mereka terdiri dari 10 dokter, 5 nutrisionis 14 paramedis, 3 instruktur senam, 10 pemandu jogging, 3 tim P3K (Puskesmas Bantul 1, Puskesmas Jetis II, Puskesmas Sanden, Puskesmas Pandak I, Puskesmas Sewon II dan Dinas Kesehatan) dan selebihnya adalah sekertariatan, dokumentasi, perkap, konsumsi, pemandu dan radio Komunikasi Dinkes yang membantu dalam pengaturan alur parkir para peserta tes. Dinkes/YA