Berita

Puskesmas Pajangan, Wakili Kabupaten Bantul untuk Puskesmas Berprestasi DIY Tahun 2018

Rabu Pon, 18 April 2018 09:13 WIB 123

foto
Ketua Tim Penilai saat membuka kegiatan Penilaian Puskesmas Berprestasi Tingkat DIY Tahun 2018 di Aula Puskesmas Pajangan, pada Senin 16 April 2018. Dinkes/YA

Bantul, Dinkes- Tim Penilai Puskesmas Berprestasi Tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melakukan penilaian terhadap Puskesmas Pajangan, Kabupaten Bantul, Selasa (18/4). Ketua Tim penilai dari Dinas Kesehatan DIY beserta rombongan disambut baik oleh Asisten Bidang Kesehatan dan Pendidikan  Drs. Totok Sudarto, M.Pd yang didampingi oleh drg. Maya Sintowati Pandji, MM Kepala Dinas Kesehatan Kabuaten Bantul beserta Muspika Kecamatan Pajangan.

Drs. Totok pada saat membacakan sambutan Bupati Bantul mengungkapkan keberdaan Puskesmas harus berkompetensi memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, sehingga Puskesmas harus selalu meningkatkan kinerja dan mutu pelayanan.

“Peningkatan mutu harus sesuai dengan standar yang tellah ditentukan, maka dari itu SDM dari Puskesmas sudah paham dengan tupoksi masing-masing,” ungkap Drs. Totok.

Ketua Tim Penilai, Akhmad Kamid, MPH mengungkapkan, bahwa penilaian Puskesmas Berprestasi merupakan bentuk apresiasi masyarakat terhadap kinerja Puskesmas. Sehingga kegiatan ini bertujuan untuk mengukur kinerja prestasi dari tiap-tiap Puskesmas Kabupaten/Kota di DIY.

Lanjut Akhmad, penilaian puskesmas prestasi ini berdasarkan standar pelayanan minimum Puskesmas yang diatur dalam Permenkas No 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). 

“Terpilihnya Puskesmas Pajangan mewakili Kabupaten Bantul karena selain Puskesmas Pajangan sudah terakreditasi paripurna kinerja Puskesmas Pajangan juga termasuk baik dari hasil penilaian kinerja puskesmas,” ungkap drg. Maya. Ia juga mengungkapkan keberadaan Penilaian Puskesmas Berprestasi ini juga bisa menjadi sarana sinkronisasi dan koreksi kerja-kerja Puskesmas baik dari data sarana prasarana, dan pelayanan perorangan, dan pelayanan masyarakatnya.

Akhmad mengungkapkan proses penilaian yang dilakukan sebagain besar instrument penilaiannya sesuai dengan instrument penilaian akreditasi puskesmas. Dimana penilaian dibagi menjadi tiga aspek yaitu Administrasi Manajemen (Admen), Unit Kesehatan Perorangan (UKP) dan Unit Kesehatan Masyarakat (UKM).

Sementara itu, Kepala Puskesmas Pajangan dr. Lucia Sri Rejeki, MPH berharap hasil kerja kawan-kawan Puskesmas Pajangan membuahkan hasil yang baik.

“Kami berharap apa yang kita tanam membuahkan manfaat bagi masyarakat Pajangan dan sekitarnya yang memanfaatkan pelayanan Puskesmas Pajangan,” ungkap dr Lucia.