Berita

Dinkes Bantul Gelar Implementasi Aplikasi District Health Information System (DHIS)

Rabu Wage, 18 Juli 2018 10:56 WIB 108

foto
Proses Sosialisasi aplikasi DHIS2 yang diikuti oleh petugas SIK Dinkes dan Puskesmas

Bantul, Dinkes-Senin, 10 Juli 2018, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantul menyelenggarakan Sosialisasi “Implementasi Aplikasi District Health Information System (DHIS)”. Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Rapat Affiat Dinkes ini dihadiri oleh seluruh petugas Sistem Informasi Kesehatan (SIK) Puskesmas se-Kabupaten Bantul.

Dalam acara ini Sekertaris Dinas Kesehatan (Sekdinkes) Dra. Ninik Istitarinni, Apt. MPH yang turut hadir dalam kegiatan ini mengungkapkan bahwsanya DHIS2 (District Health Information System 2)  sudah dikembangkan di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. Pengembangan DHIS2 dilakukan di Indoensia sejak tahun 2015. DHIS2 ini merupakan hasil kerjasama antara Falultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan(FKKMK) UGM dengan Pusdatin Kemenkes.

Variabel data yang dikembangkan baru sebatas data ATM (AIDS, TB, dan Malaria). D.I.Yogyakarta merupakan provinsi yang terpilih sebagai Pilot Project implementasi DHIS2 untuk data ATM tersebut.

 “Dan pada tahun ini Project ini diperluas hingga Kab. Bantul,” tambahnya

Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala Sub Bagian Program Diana Sera, M.SE, ia menjelaskan DHIS2 adalah sebuah sistem informasi berbasis web yang dikembangkan untuk tujuan mengintegrasikan berbagai variabel data agregat dari unit-unit organisasi.  Di samping itu, DHIS2 juga memiliki fitur untuk mengelola data individu (tracking system) dimana terdapat berbagai pilihan metode pencatatan dan pelaporan, baik berbasis web, Excel mapun kertas.

“Hal ini menjadikan data yang dihasilkan dapat diakses lebih mudah, mencakup semua kebutuhan indikator kesehatan dan dapat dipantau dan dianalisa sampai level komunitas (puksemas),” ujar Diana.

Pada Tahun 2017 ini Aplikasi ini telah diterapkan di Dinas Kesehatan Se-DIY dan untuk Kabupaten Bantul baru diaplikasikan pada tahun ini.

 

Pada kegiatan ini turut hadir pula perwakilan dari Dinas Kominkasi dan Informasi Kab. Bantul, dan Diskominfo menyatakan kesanggupannya dalam pengintegrasikan Aplikasi DHIS2 dengan aplikasi Smartcity Kab. Bantul

 

Saat ini aplikasi DHIS2 sudah tersedia di Android app, selain itu DHIS2 juga dapat diakses melalui dhis2.org, academy.dhis2.org, atau data.kemenkes.go.id.