Berita

Workshop PAMSIMAS sebagai upaya Penjaminan Mutu Air Bersih dan Sanitasi di Kabupaten Bantul

Kamis Pahing, 30 Agustus 2018 14:31 WIB 107

foto
Para Peserta “Workshop PAMSIMAS(Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat)” pada Kamis, 30 Agustus 2018. Dinkes/YA

Bantul, Dinkes- Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga (KLKKO) Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul menyelenggarakan “Workshop PAMSIMAS(Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat)” , Kamis (30/8). Kegiatan yang diselenggarakan di Aula Medika Dinkes ini diikuti oleh pengelola Pamsimas III Tahun 2018 yang tersebar di 15 Desa di Kabupaten Bantul dan 12 Sanitarian di 12 Puskesmas yang menjadi lokasi Pamsimas III Tahun 2018.

“Kegiatan ini merupakan upaya Dinkes dalam hal ini Seksi KLKKO dalam menjamin Program Pamsimas yang dilaksanakan di Kabupaten Bantul sesuai dengan standar Air Minum dan Sanitasi agar terwujud masyarakat Sehat melalui Air Bersih dan Sanitasi,” ungkap Yanatun Yunadiana, M.Si Kepala Seksi KLKKO Dinkes Kabupaten Bantul .

Saat ditanyai mengenai desa yang mendapat Program Pamsimas ini Yanatun menjelaskan bahwa , tidak semua desa memiliki masalah air minum dan sanitasi. Intervensi ini hanya pada desa yang memiliki masalah tersebut. Sehingga bukan pemerataan namun money follow program.

Program Pamsimas merupakan salah satu kegiatan pembangunan infrastruktur permukiman berbasis masyarakat. Melalui pendekatan ini, masyarakat difasilitasi untuk secara mandiri dapat memenuhi kebutuhan infrastruktur air minum dan sanitasi.

“Pemberdayaan masyarakat ini diharapkan dapat meningkatkan peran masyarakat sebagai mitra strategis Pemerintah Daerah untuk pengelolaan pelayanan air minum dan sanitasi di kawasan perdesaan secara berkelanjutan”, tambahnya. (Dinkes/YA)