Berita

Monitoring Dan Evaluasi (Monev) Programer UKK Salah Satu Upaya Meningkatan Performa Program UKK

Rabu Pon, 5 September 2018 08:14 WIB 122

foto

Bantul, Dinkes- Dalam rangka meningkatan performa programer UKK (Upaya Kesehatan Kerja) Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga menyelenggarakan “Monitoring dan Evaluasi (Monev) Programer UKK”, Selasa (4/9). Kegiatan yang diselenggaran di Aula Medika Dinkes ini diikuti oleh seluruh Programer UKK di 27 Puskesmas.

Salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat di kelompok pekerja informal adalah Pos Usaha Kesehatan Kerja (UKK), yang merupakan tindakan preventif melindungi pekerja agar hidup sehat dan terbebas dari gangguan kesehatan serta pengaruh buruk yang diakibatkan oleh pekerjaan.

Selain masalah gizi, penyakit tidak menular, dan penyakit menular, para pekerja juga memiliki risiko keselamatan dan kesehatan terkait pekerjaannya yang dapat mengganggu produktifitas mereka seperti kondisi lingkungan kerja yang berbahaya, masalah kesehatan seperti gangguan otot rangka, gangguan mata dan gangguan kesehatan kulit. Para pekerja informal terpapar potensi bahaya pekerjaan dengan kecenderungan tidak ada badan usaha ataupun pemilik yang secara langsung bertanggung jawab atas kesehatan dan keselamatan kerja mereka terutama yang berhubungan dengan berbagai penyakit dan gangguan akibat kesehatan dan kecelakaan kerja.

Data BPS tahun 2013 menunjukkan sebanyak 114 juta penduduk merupakan pekerja, atau 48% dari jumlah penduduk Indonesia secara keseluruhan yakni 237,64 juta orang. Dari angka tersebut, 68,4 juta (60%) bekerja di usaha skala mandiri, mikro dan kecil, serta 45,6 juta (40%) ada di usaha skala menengah dan besar.

Pekerja informal dengan jumlahnya yang besar dan risiko keselamatan dan kesehatan kerja yang mereka hadapi, perlu dibina dan diberikan pelayanan kesehatan, salah satunya melalui pengembangan dan pemanfaatan Pos Upaya Kesehatan Kerja (Pos UKK), tutur Bambang Agus Subekti, SKM, MPH Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinkes Kabupaten Bantul.

“Dan untuk mendukung program UKK ini Dinkes memberikan peralatan untuk kegiatan Pos UKK kepada Puskesmas,” ungkap Ruswanto Staff Seksi KLKKO saat menjadi moderator dalam Monev Programer UKK.

Untuk menunjang kemampuan pengetahuan para programer UKK Seksi KLKKO mengajak dr Fauzan Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) untuk menjadi narasumber.