Berita

Seksi Kemitraan Gelar Bimtek Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Kepala Puskesmas dan Tenaga Fungsional Kesehatan

Kamis Pon, 25 Oktober 2018 15:36 WIB 43

foto
drg Sapta Adisuka Mulyatno, Ph.D Kepala Seksi Kemitraan. dan drg. Trianna Wahyu Utami, MDSc., Ph.D., Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Kerjasama Fakultas Kedokteran Gigi, UGM pada Kegiatan Bimtek Penulisan Karya Tuis Ilmiah bagi Kepala Puskesmas dan Tenaga Kesehatan Fungsional di Puskesmas

Bantul, Dinkes-Peningkatan dan pengembangan kompetensi tenaga kesehatan menjadi salah satu perhatian utama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantul Khususnya Bidang Sumber Daya Kesehatan (SDK)  dalam mempersiapkan para tenaga kesehatan  tersebut untuk mengemban Jabatan Fungsional sesuai dengan tuntutan Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (ASN) No. 5 Tahun 2014.

Upaya inilah yang dilakukan Seksi Kemitraan dengan menggelar Bimbingan Teknis Penulisan Karya Ilmiah Bagi Tenaga Fungsional di Puskesmas. Bimtek yang dihadiri oleh 27 Kepala Puskesmas beserta satu Fungsional Kesehatan di Puskesmas ini digelar di Aula Pertemuan Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, Selasa (23/10).

Bimtek ini penting bagi Kepala Puskesmas, selain Karya Ilmiah ini bisa menjadi entry point bagi bidang teknis untuk merumuskan program kesehatan diwilayah kerjanya kedepan. Hal ini juga bisa menjadi cara Kepala Puskesmas yang mulai pada Tahun 2018 ini sesuai dengan PP No 18 tahun 2016 Tentang Perangkat Daerah, Kepala Puskesmas merupakan pejabat fungsional yang diberikan tugas tambahan.

“Bimtek ini diharapkan dapat membuka wawasan  para Kepala Puskesmas dan tenaga fungsional kesehatan dalam meningkatkan kinerja mencapai jabatan fungsional tersebut,” ungkap drg Sapta Adisuka Mulyatno, Ph.D Kepala Seksi Kemitraan.

Bimtek Penulisan Karya Tulis Ilmiah ini diawali dengan pemberian materi dalam bentuk ceramah atau kuliah yang disampaikan oleh drg. Trianna Wahyu Utami, MDSc., Ph.D., Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Kerjasama Fakultas Kedokteran Gigi, UGM yang membawakan materi mengenai Publikasi Ilmiah: Jurnal Nasional & Internasional. Pada pemaparanya ia memberikan gambaran apasaja Publikasi Ilmiah, strategi pemilihan jurnal, serta beberapa tips menulis Publikasi Ilmiah.

“Menulis Jurnal berbeda dengan Menulis Tesis/Disertasi. Jurnal lebih ringkas, padat tapi harus lengkap dan jelas. Artinya pembaca mengerti apa yang ditulis tanpa harus bertanya kepada penulisnya,” ujar drg. Trianna.

Bimtek ini kemudian ditutup dengan kesepakatan tindak lanjut Bimtek dalam rangka peningkatan penulisan karya ilmiah. Dinkes/YA