PAPARAN STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP) DINAS KESEHATAN KABUPATEN BANTUL

BERITA – Selasa, 27 Sep 2011 18:14 WIB

Senin pagi,  tanggal 26 September 2011, Dinas Kesehatan Kab. Bantul melakukan paparan Standard Operating procedure (SOP) pada seluruh pejabat struktural Dinkes, lintas sektor terkait (BAPPEDA, BLH, BKK PP & KB, DINAS SOSIAL, Kantor PMD)  dan kepala Puskesmas. Kepala Dinkes, dr. Siti Noor Zaenab, M.Kes dalam sambutannya menyampaikan bahwa penting dibuat dokumen SOP, meski pelaksanaan sudah dilakukan sesuai petunjuk yang berlaku. Dokumen SOP diperlukan sebagai standar pelaksanaan kegiatan. Pada kesempatan ini, diharapkan pencermatan dan masukan dari peserta yang hadir.
Kegiatan paparan SOP ini merupakan tindak lanjut dari serangkaian kegiatan yang dimulai dengan Workshop SOP pada bulan Mei 2011, dan pertemuan-pertemuan penyusunan SOP. Mengingat banyaknya kegiatan pada masing-masing bidang atau sekretariat, sehingga telah disepakati bahwa masing-masing seksi atau sub bagian membuat 10 (sepuluh) SOP.
Paparan SOP diawali dengan Reviu SOP dan Paparan SOP Sekretariat Dinkes oleh Sekdinkes, ibu Siti Noor afifah, SE. SOP adalah suatu panduan yang menjelaskan secara terperinci bagaimana suatu proses harus dilaksanakan. Hal-hal positip mengenai penerapan SOP, yaitu aturan main lebih jelas, dokumen yang digunakan sudah standar,  mencerminkan instansi yang tertib administrasi, yang efeknya meningkatkan image instansi, dan lebih mudah mendapatkan sertifikat ISO. Sedangkan permasalahan yang ada dalam penyusunan SOP adalah SOP disusun oleh 1 (satu) atau sebagian orang, hanya diketahui oleh segelintir orang, dukungan seluruh karyawan kurang, SOP disusun hanya untuk memenuhi standar, dan SOP antar satuan kerja tidak sama (format dan konten) serta evaluasi jarang dilakukan secara periodik, semestinya setiap 6 bulan sekali. SOP Sekretariat Dinkes mencakup SOP Sub Bagian Program, Sub Bagian Umum & Kepegawaian, dan SOP Sub Bagian Keuangan & Aset.

Paparan SOP dilanjutkan dengan paparan dari tiap Bidang, yaitu Ibu Murtini, SKM, M. Kes memaparkan SOP Bidang Pemberdayaan Masyarakat Sehat (PMS), yang meliputi SOP Seksi Penyelenggaraan Pembiayaan Jaminan dan Kemitraan, Seksi Promkes dan Seksi UKBM.  Ibu Dra. Ninik Istitarini, Apt, MPH memaparkan SOP Bidang Pelayanan kesehatan (Yankes) yang meliputi SOP Seksi Gizi, Seksi Penyelenggaraan KIA dan Seksi Pelayanan Kesehatan Dasar. Selanjutnya diskusi berupa masukan dan saran dari peserta untuk menambahkan aturan, dan penomoran SOP.

Usai diskusi tahap pertama, paparan dilanjutkan kembali dengan paparan Bidang Penanggulangan Masalah kesehatan (PMK) oleh dr. T. Bintarta Herusantosa, M. Kes,  yang memaparkan SOP Seksi Pencegahan Penyakit, Seksi Surveilens, dan Seksi Kesehatan Lingkungan serta diakhiri dengan paparan Bidang Sumber Daya Kesehatan (SDK) oleh dr. Agus Triwidiyantara, meliputi SOP Seksi Regulasi, Seksi Kefarmasian dan Seksi Sumber Daya Manusia.  Diskusi tahap kedua dilakukan kembali dengan beberapa masukan mengenai redaksional penulisan.