PROGRAM JAMINAN KESEHATAN SOSIAL (JAMKESOS) KABUPATEN BANTUL TAHUN 2012 2012

BERITA – Senin, 23 Apr 2012 09:14 WIB

Kepesertaan
Peserta Jamkesos terdiri dari:
1.Penyandang masalah sosial a.l : penghuni panti sosial, penghuni rumah singgah, tunawisma, anak jalanan, orang terlantar atau gelandangan.
2.Keluarga tidak mampu yang tidak dijamin oleh Jamkesmas atau asuransi lain dan diusulkan Bupati/ Walikota di wil Prop. DIY.
3.Kader Posyandu yang telah ditetapkan Dinkes Prop. DIY berdasar usulan Dinkes kota/kab.

Jumlah peserta Jamkesos :
1.Keluarga tidak mampu/rawan miskin yang tidak dijamin Jamkesmas atau asuransi lain sebanyak 92.000 jiwa.
2.Kader Posyandu balita sebanyak 6.086 orang.

Pendataan peserta Jamkesmas :
1.Pendataan keluarga tidak mampu/rawan miskin dikoordinir oleh BKK,PP dan KB.
2.Pendataan kader Posyandu Balita dikoordinir oleh Dinas Kesehatan Kabupaten.

Identitas peserta Jamkesos :
1.Kartu Jamkesos Kelompok untuk penyandang masalah sosial atas nama penanggung jawab panti/rumah singgah.
2.Kartu Jamkesos Perorangan bagi keluarga miskin dan tidak mampu serta kader Posyandu.
Kartu Jamkesos dicetak oleh Bapel Jamkesos dan untuk tahun 2012 masih menggunakan kartu tahun 2010.  Bila terjadi kehilangan kartu diharap melaporkan ke Polsek setempat dan Bapel Jamkesos.

Kartu Jamkesos berlaku di wilayah propinsi DIY.
Pelayanan Kesehatan

Prosedur pelayanan
Pelayanan kesehatan dasar (Puskesmas):
1.Rawat jalan : peserta harus menunjukkan kartu identitas.
2.Rawat inap : peserta harus menyerahkan fotocopy kartu identitas peserta, fotocopy KTP bagi yang berusia diatas 17 tahun, fotocopy kartu keluarga/C1.

Pelayanan kesehatan tingkat lanjutan (RS):
1.Rawat jalan : peserta harus menunjukkan kartu identitas asli dan menyerahkan fotocopinya, surat rujukan dr Pusk. sebelum mendapatkan pelayanan kesehatan kecuali kasus emergency tidak perlu rujukan.
2.Pemeriksaan penunjang, tindakan dan pengobatan dengan biaya tinggi harus mendapatkan persetujuan terlebih dahulu dari Bapel Jamkesos.
3.Rawat inap : peserta harus menyerahkan fotocopy kartu identitas peserta, fotocopy KTP bagi yang berusia diatas 17 tahun, fotocopy kartu keluarga/C1.
4.Dilaksanakan kajian kusus bagi kasus CRF, Ca, trauma kepala, AMI, IDDM.

Kompetensi PPK
Puskesmas:
1.Rawat jalan meliputi konsultasi medis, pemeriksaan fisik, laboratorium, tindakan medis, pemeriksaan/pengobatan gigi, pemeriksaan bumil/bayi/ balita, KB, pemberian obat.
2.Rawat inap meliputi konsultasi medis, pemeriksaan fisik, laboratorium, pemberian obat, akomodasi, persalinan.

Rumah Sakit
1.RSU : melayani semua jenis pelayanan kesehatan.
2.RS Grhasia : melayani pelayanan kesehatan jiwa.
3.RSK Anak : melayani pelayanan kesehatan anak.
4.RSK Bedah : melayani pelayanan kesehatan khusus bedah.
5.RSK Ibu dan Anak : melayani pelayanan khusus ibu dan anak.
6.BP4 : melayani pelayanan kesehatan paru-paru.

Pelayanan yang dibatasi:
1.Kacamata.
2.Alat bantu dengar.
3.Alat bantu gerak

Kasus- kasus yang belum ditanggung:
1.Bahan, alat dan tindakan yang bertujuan untuk kosmetika.
2.General chek up, KIR kesehatan.
3.Infertilitas (Upaya untuk punya anak).
4.Pengobatan alternatif.

Pemberi Pelayanan Kesehatan (PPK)
1.Puskesmas se Kabupaten Bantul.
2.RS meliputi RS P.Senopati, RS PKU Muh., RS Patmasuri, RS KB Ring Road, RS Rachma Husada, RS Nurhidayah, RS.Permata Husada, RS. Rajawali Citra, RS. dr.Hardjolukito, RSKIA Ummi Khasanah.

Pendanaan
Dana program Jamkesos berasal dari APBD Propinsi DIY

Penanganan Keluhan
Bapel Jamkesos Provinsi DIY
Jl. Prof.Dr. Sardjito no. 5 Jetis Yogyakarta
Telp./Fax: (0274) 562080
atau
Tim Pengelola Jamkesmas Kabupaten Bantul/ Dinas kesehatan Kab. Bantul
Jl. Lingkar Timur, Manding, Trirenggo, Bantul, Bantul
Telp. (0274)367531 ext. 17