Membangun semangat UKS melalui Pelatihan Dokter Kecil

BERITA – Kamis, 4 Apr 2013 08:08 WIB

Foto“Program Dokter Kecil merupakan upaya pendekatan edukatif dalam rangka mewujudkan perilaku sehat diantaranya perilaku kebersihan perorangan, dimana anak didik dilibat-aktifkan sebagai pelaksananya (Herawati, 1990)”


Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul baru saja menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Dokter Kecil Pada tanggal 6 - 7 Maret 2013 di RM Parangtritis. Sebanyak 60 peserta yang mewakili 17 kecamatan se-Kabupaten Bantul dengan antusias mengikuti jalannya setiap tahap pelaksanaan. Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Dokter Kecil dalam melaksanakan program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di wilayah Kabupaten Bantul.
Melalui kegiatan ini diharapkan dokter kecil dapat lebih berperan aktif dalam membantu pelaksanaan kegiatan UKS di sekolah masing-masing. Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari ini diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa dalam menjalankan tugasnya di sekolah.
Beberapa materi yang diberikan antara lain :
1. Tanda penyakit dan cara pencegahannya
2. Pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K)
3. Pembinaan lingkungan sehat di sekolah
4. Program Kawasan Dilarang Merokok (KDM) di lingkungan sekolah
5. Komunikasi kesehatan pada siswa sekolah
6. Pelaporan kegiatan Dokter Kecil
Materi tidak hanya diberikan secara teori namun setiap materi diberikan contoh kasus dan praktikum untuk lebih menguatkan daya penerimaan materi bagi para dokter kecil, misalnya : praktek P3K dan penyuluhan sederhana. Selain itu narasumber juga dilibatkan dari perwakilan profesi masing-masing di Kabupaten Bantul antara lain Dokter, Ahli Gizi, dan petugas penyuluh kesehatan.
Selama 2 hari diberikan pelatihan, akhirnya pelatihan ditutup dengan memilih peserta pelatihan yang memiliki nilai post test tertinggi dan selisih nilai post test dengan pre test tertinggi.
Semoga kegiatan seperti ini dapat terlaksana kembali di tahun depan dan materi dapat diberikan lebih bervariasi lagi agar peserta pelatihan lebih bersemangat dalam mengikuti kegiatan ini.