Berita

Mewujudkan Masyarakat Berdikari Puskesmas Srandakan Berdayakan TOGA

Jumat Wage, 10 September 2021 10:06 WIB 29

foto

Bantul, Dinkes- Pembangunan kesehatan memiliki tujuan meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat agar terwujud derajat kesehatan. Salah satunya melalui Pelayanan Kesehatan Tradisional menggunakan ramuan sesuai PP No 103/2014 tentang Pelayanan Kesehatan Tradisional.

“Kami mendorong puskesmas di Kabupaten Bantul untuk melakukan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat agar mampu dan berpengetahuan tentang kesehatan tradisional untuk menjaga kesehatan secara mandiri, serta bisa menjadi alternatif pilihan/ pengganti ataupun pelengkap/ komplemen dari upaya kuratif atau pengobatan konvensional” ungkap Sekdinkes Dra Ninik Istitarini, Apt. MPH saat berkunjung ke Puskesmas Srandakan.

Dalam rangka pembangunan kesehatan mealui Pelayanan Kesehatan tradisional ini Puskesmas Srandakan salah satunya dengan membangun habit minum jamu di wilayah kerja Puskesmas Srandakan.

“Kami ada program membagikan jamu produksi ibu-ibu KWT di Kecamatan Srandakan sebagai upaya promosi hidup sehat, diharapkan bisa menjadi habit masyarakat hidup sehat sekaligus membantu umkm KWT di Kecamatan Srandakan” ungkap drg Budi Setyowawti Kepala Puskesmas Srandakan usai membagikan 300 botol jamu kepada pengunjung Puskesmas, Selasa (7/9).

Upaya yang dilakukan oleh Puskesmas Srandakan disambut baik oleh Muspika Kecamatan Srandakan, hal ini di ungkapkan oleh Panewu Kapanewon (read camat) Srandakan Sarjiman SIP ME saat hadir ke Puskesmas Srandakan untuk turut hadair meresmikan Tanam Toga Percontohan.

“ Dengan adanya tanam toga percontohan ini diharapkan bisa menjadi wahana edukasi pengunjung Puskesmas dan Musim pandemi saat ini kita perlu tingkatkan imun kita agar kuat dalam menghadapi pandemi Covid 19 sehingga masyarakat bisa memanfaatkan lahan dirumah untuk menanam tanaman herbal yg bisa dikonsumsi masyarakat” ujar Panewu Kapanewon Srandakan.

 

Penulis: YA

Edditor: Dyah Pangesti Utami, SKM.M.SE


Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat