Berita

Dinkes Bantul Selenggarakan Pelatihan Laik Sehat Air Minum

Rabu Pahing, 27 Juni 2012 10:06 WIB 3332

Semakin maraknya usaha depot air minum isi ulang dapat meningkatkan akses masyarakat terhadap air minum. Tetapi di sisi lain, pengawasan terhadap kualitas produk agar sesuai persyaratan air minum harus ditingkatkan. Banyak faktor yang berpengaruh terhadap produksi air minum isi ulang, diantaranya hygiene sanitasi peralatan, bahan baku, proses produksi dan hygiene pengelola depot. Untuk memberikan pengetahuan dan ketrampilan bagi pemilik dan/atau penanggungjawab depot dalam memproduksi air minum sesuai kualitas yang dipersyaratkan, maka Dinas Kesehatan mengadakan kegiatan Pelatihan Laik Sehat Air Minum. Kegiatan dilaksanakan pada hari Senin-Selasa tanggal 11-12 Juni 2012 bertempat di Gedung Bantul Terrace Jalan Kesehatan Bantul dengan menghadirkan narasumber dari: Direktorat Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan RI, Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan-Pemberantasan Penyakit Menular (BBTKL-PPM), Asosiasi Air Minum (ASDAM) dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul. Peserta berjumlah 40 orang yang berasal dari penanggungjawab depot air minum isi ulang di wilayah Kabupaten Bantul. Sesuai Perda Nomor 14 Tahun 2010 tentang Pengawasan Kualitas Air, diwajibkan setiap depot untuk memeriksakan kualitas produk air minumnya sebulan sekali (fisika-biologi) dan enam bulan sekali (kimia). Penanggungjawab depot dapat menghubungi sanitarian puskesmas terdekat untuk pengambilan sampel atau langsung menghubungi Laboratorium Pengawasan Kualitas Air Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul pada nomor (0274)367949. Hasil uji ditempelkan di lokasi depot sehingga masyarakat dapat melihat dengan mudah. Untuk menjaga keamanan dan kesehatan diharapkan masyarakat membeli air minum pada depot yang rutin melakukan pemeriksaan kualitas air minum produksinya.

Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat