Berita

Dinas Kesehatan menyusun Indeks Kepuasan Masyarakat

Selasa Pahing, 17 Juli 2012 08:29 WIB 3058

Peningkatan kualitas pelayanan publik perlu dilakukan dalam mendukung reformasi birokrasi yaitu menciptakan Good Governance. Salah satu upaya pengkajian kualitas layanan publik melalui Indeks Kepuasan Masyarakat. Jumat, 13 Juli 2012 Dinas Kesehatan mengadakan rapat penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat. Salah satu dasar hukum dalam penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat ini selain UU No. 25 th. 2009 tentang Pelayanan Publik, terbitnya Kepmenpan dan Permenpan, juga diikuti dengan adanya Perbup Bantul No. 65 tahun 2011 tentang Pedoman Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat. Tujuan penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat secara berkala dan mengetahui kecenderungan kinerja pelayanan pada masing-masing Unit Pelayanan Instansi Pemerintah dari waktu ke waktu. Dalam penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat dijadwalkan untuk semester I, dilakukan survei pada bulan Juni – Juli 2012. Survei mencakup pelayanan yang diberikan langsung oleh Dinas Kesehatan maupun dari UPT Puskesmas masing-masing 150 responden. Responden di Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul adalah masyarakat yang mendapat pelayanan langsung dari kegiatan pengawasan kualitas air, kemitraan dengan institusi pendidikan, rekomendasi perijinan, pelayanan fogging, hingga permintaan data oleh mahasiswa.

Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat