Berita

Dinkes & Puskesmas di Bantul melaksanakan Review dan Evaluasi Sistem Informasi Kesehatan

Rabu Legi, 19 September 2012 09:36 WIB 2970

Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul sudah menggunakan sistem informasi kesehatan yang berbasis komputer, yaitu Integrated Health Information System (IHIS) dan e-Health. Sistem Informasi Kesehatan di Kabupaten Bantul berbasis pada beberapa jenis sistem pencatatan dan pelaporan, diantaranya; SP2TP Puskesmas, SPM, Bank Data Puskesmas / Profil Kesehatan. Pada Implementasinya sistem pelaporan tersebut masih mengalami berbagai permasalahan baik permasalahan pada tataran Puskesmas maupun tataran Dinas Kesehatan. Masih kurangnya hardware, komitmen serta SDM yang belum sesuai dengan kompetensi menyebabkan Pelaksanaan SIK masih tersendat-sendat. Review dan evaluasi pelaksanaan SIK di Kabupaten Bantul yang dilaksanakan pada hari Selasa dan Rabu, 18 – 19 September 2012 bertujuan untuk mengetahui perkembangan implementasi SIK dan kendala-kendala yang muncul dalam implementasi selama ini. Materi dan Nara sumber pada pertemuan ini meliputi : Kebijakan Pengembangan Sistem Informasi Kesehatan Prop DIY oleh drh. Berty Murtiningsih (Ka Yaninfokes Prov. DIY), Evaluasi Sistem Informasi Kesehatan di Kab. Bantul oleh Diana Setyawati R, SKM, MSE (Ka Sub Bag Program), e-Government oleh Ir. Sri Hudoyo (Kepala KPDT Kab. Bantul), Penggalangan Komitmen oleh Ibu Murtini, SKM, M.Kes (Sekdinkes Kab. Bantul), Review Pencatatan dan Pelaporan SP2TP oleh Panggung SH, dan Pengelolaan Bank Data Puskesmas/Profil Kesehatan oleh Sigit, Amd, dan Aplikasi Statplanet oleh M. Sofyan, SKM. Evaluasi penggunaan SIK dengan sistem IHIS atau e-Health yang berbasis komputer di Puskesmas. Peserta pertemuan sebanyak 40 orang ang terdiri dari Kepala Sub Bag TU Puskesmas, dan petugas pengelola SIK di Dinas Kesehatan dan Puskesmas. Hasil evaluasi SIK di Puskesmas, tampak bahwa seluruh Puskesmas di Kabupaten Bantul telah menggunakan SIK berbasis komputer, mulai dari bagian pendaftaran, hingga unit pelayanan di bagian pengobatan, KIA, dan Gigi, serta pelayanan obat, laboratorium, dan puskesmas keliling. Pada pertemuan ini juga mendiskusikan beberapa kendala terkait peningkatan kapasitas SDM yang belum seluruhnya berlatar belakang pendidikan Rekam Medis. Untuk itu kepala KPDT Kab. Bantul, bp Sri Hudoyo, bersedia memfasilitasi untuk sharing pengetahuan mengenai hal terkait Teknologi Informasi berbasis komputer.

Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat