Berita

Hasil Survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Dinas Kesehatan dan 27 Puskesmas di Kabupaten Bantul

Kamis Pahing, 20 September 2012 04:20 WIB 3159

Survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) di Dinkes dan 27 Puskesmas di Kabupaten Bantul semester I telah dilakukan pada bulan Juni – Juli 2012. Survei mencakup pelayanan yang diberikan langsung oleh Dinas Kesehatan maupun dari UPT Puskesmas masing-masing 150 responden. Responden di Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul adalah masyarakat yang mendapat pelayanan langsung dari kegiatan pengawasan kualitas air, kemitraan dengan institusi pendidikan, rekomendasi perijinan, pelayanan fogging, hingga permintaan data oleh mahasiswa. Hasil survei IKM menunjukkan bahwa Dinas Kesehatan dan seluruh Puskesmas sudah memberikan pelayanan dengan baik (nilai tiap unsur masuk dalam kategori 2,51 - 3,25), bahkan beberapa Puskesmas telah memberikan pelayanan dengan sangat baik (nilai unsur pelayanan 3,26 – 4,00), yaitu Puskesmas Jetis II, Dlingo II, Banguntapan I dan Puskesmas Sedayu II (Unsur Kepastian Biaya Pelayanan), Puskesmas Banguntapan II dan Kasihan II (Unsur Kesopanan dan keramahan petugas), dan Puskesmas Kasihan I (Unsur Kemampuan Petugas Pelayanan). Perbandingan rata-rata nilai unsur pelayanan, yang terendah terdapat di Puskesmas Kretek sebesar 2,89 dan tertinggi di Puskesmas Kasihan I sejumlah 3,17

Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat