Berita

Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Dinkes, dan 28 UPTnya

Rabu Pahing, 4 Desember 2013 04:41 WIB 4259

Peningkatan kualitas pelayanan publik perlu dilakukan dalam mendukung reformasi birokrasi yaitu menciptakan Good Governance. Salah satu upaya pengkajian kualitas layanan publik melalui Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Selasa, 3 Desember 2013 Dinas Kesehatan mengadakan evaluasi hasil IKM semester pertama (I) Tahun 2013. Salah satu dasar hukum dalam penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat ini selain UU No. 25 th. 2009 tentang Pelayanan Publik, terbitnya Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara No. KEP/25/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi pemerintah, juga diikuti dengan adanya Perbup Bantul No. 65 tahun 2011 tentang Pedoman Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat. Penyusunan IKM semester I ini melalui survei pada bulan Juni – Juli 2013. Survei mencakup pelayanan yang diberikan langsung oleh Dinas Kesehatan maupun dari 27 UPT Puskesmas dan UPT Jamkesda masing-masing 150 responden. Adapun media yang digunakan untuk pengumpulan data berupa kuesioner. Format kuesioner mencakup penilaian terhadap 14 (empat belas) unsur minimal pelayanan yang harus ada untuk dasar pengukuran IKM. Responden di Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul adalah masyarakat yang mendapat pelayanan langsung dari kegiatan pengawasan kualitas air, kemitraan dengan institusi pendidikan, rekomendasi perijinan, pelayanan fogging, hingga permintaan data oleh mahasiswa, sedangkan responden di Puskesmas adalah pasien. Hasil IKM semester I Tahun 2013 ini, yaitu pada tiap unsur IKM termasuk dalam kategori baik (2,51 – 3,25), bahkan ada beberapa Puskesmas pada unsur tertentu dapat mencapai nilai sangat baik (3,26 – 4). Nilai konversi IKM dari seluruh lokasi pelayanan termasuk dalam kategori Baik dengan interval nilai dari nilai terendah hingga tertinggi yaitu 73,99 - 79,58. Dinkes memiliki nilai IKM tertinggi (nilai 79,58), sedangkan Puskesmas dengan nilai tertinggi yaitu Puskesmas Imogiri I (nilai 79,57) dan Puskesmas dengan nilai IKM terendah, yaitu Puskesmas Kasihan I (nilai 73,99). Kedua Puskesmas tersebut melakukan pemaparan hasil survey IKM beserta analisisnya. Hasil IKM Dinkes Kab. Bantul, 27 UPT Puskesmas dan UPT Jamkesda bisa diunduh pada Dokumen. (Di)

Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat