Berita

Menjelang Lebaran Dinkes Sweeping Makanan Kadaluarsa

Jumat Pahing, 11 September 2009 10:31 WIB 3215

Saat-saat menjelang lebaran, kebutuhan masyarakat terhadap komoditi pangan akan sangat melonjak. Keadaan ini sering dimanfaatkan oleh oknum distributor maupun pengecer komoditi pangan yang nakal untuk mengeruk keuntungan sebesar-besarnya. Modus yang sering dilakukan adalah dengan menyelipkan pangan yang sudah kadaluwarsa maupun produk rusak diantara barang dagangannya. Dengan mengacu UU 23 / 1992 tentang Kesehatan, UU 7 / 1996 tentang Pangan dan UU 8 / 1999 tentang Perlindungan Konsumen, Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul melaksanakan inspeksi sarana distribusi makanan olahan dan pangan industri rumah tangga bekerja sama dengan Balai Besar POM DIY, Disperindagkop, dan Satpol PP Kab. Bantul. Sasaran inspeksi kemanan pangan ini adalah toko Swalayan dan toko-toko kelontong yang mendistribusikan bahan pangan olahan dan industri rumah tangga, dengan target terutama pangan yang sudah kadaluwarsa / Expired date (ED) dan kemasan yang rusak. Dari hasil pemeriksaan, ditemui makanan yang kadaluwarsa , berjamur dan kemasan rusak di beberapa toko kelontong, sedang untuk toko swalayan relatif sudah cukup baik . Pada parcel sudah dicantumkan tanggal kadaluarsa produk yang ada di dalamnya. Produk-produk yang ditemui sudah rusak ataupun kadaluwarsa diantaranya : Susu bubuk Bubur bayi Roti basah Softdrink Minuman kotak Teh Kecap Sirup Jelly drink Kopi instan Bumbu instan (Seperti dalam foto) Agar terhindar dari bahaya akibat makanan ,berikut ini tips bagi masyarakat yang akan membeli komoditi pangan : • Periksa kemasan pangan, masih baik atau sudah rusak/penyok, sobek, berkarat,cembung/bocor, berjamur, dll • Periksa tanggal kadaluwarsa, jangan diterima apabila produk sudah kadaluwarsa • Periksa adanya nomor pendaftaran makanan (MD untuk produk olahan produksi dalam negeri, ML untuk makanan olahan produk luar negeri, SP/PIRT untuk produk pangan industri rumah tangga ) • Periksa label pangan yang lain ( alamat produsen, komposisi, berat isi netto ) • Bila memungkinkan, perhatikan produk pangan yang ada. Apakah ada jamur, serangga, produk yang tidak utuh/rusak, berbau tak sedap, berubah warna untuk cairan dalam botol, dll • Bila menerima kiriman parcel, periksa kesesuaian isi parcel dengan keterangan yang ada pada kemasan (isi, jumlah, tanggal kadaluwarsa)

Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat