Berita

SELURUH KEPALA PUSKESMAS SEPAKAT AKSLERASI PROGRAM UKK

Rabu Pon, 14 Mei 2014 00:26 WIB 5503

Promkes (Bantul), Rapat Koordinasi Upaya Kesehatan Kerja (UKK) pada tanggal 06 Mei 2014 di hotel Tirta Kencana yang dihadiri oleh 27 Kepala Puskesmas se-kabupaten Bantul sepakati akan laksanakan program akslerasi. Dalam sambutannya Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Sehat drg. Siti Roikhana Munawaroh, MPH menyampaikan bahwa Upaya Kesehatan Kerja (UKK) adalah pemeliharaan kesehatan pekerja yang terencana, teratur dan berkesinambungan, diselenggarakan dari oleh dan untuk pekerja. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan status kesehatan pekerja sehingga dapat melambungkan produktivitas kerja. Program ini merupakan salah satu indikator Perencanaan Strategis (Renstra) Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul dalam mewujudkan “Masyarakat Sehat yang Mandiri” tahun 2011-2015. Penyakit Akibat Kerja (PAK) dan Kecelakaan Akibat Kerja (KAK) dapat terjadi pada berbagai tempat kerja baik formal maupun informal. Industri yang ada pada saat ini ditinjau dari modal kerja yang digunakan dapat digolongkan dalam beberapa kelompok, yaitu industri besar (industri dasar), industri menengah (aneka industri) dan industri kecil (industri micro). Industri kecil dengan teknologi sederhana/tradisional dan dengan jumlah modal yang relatif terbatas adalah merupakan industri yang banyak bergerak disektor informal. Pekerja pada kelompok ini merupakan kelompok kerja yang tergolong pada "Underserved Working Population" dan belum mendapatkan pelayanan kesehatan kerja seperti yang diharapkan. Pengembangan program UKK di Kabupaten Bantul ini adalah dalam rangka memecahkan masalah tersebut dengan berbagai pendekatan dalam bidang kesehatan. Era industrialisasi saat ini dan dimasa mendatang memerlukan dukungan tenaga kerja yang sehat dan produktif dengan suasana kerja yang aman, nyaman dan serasi. Oleh karena itu seperti yang di sampaikan Kepala Seksi Penyelenggaraan Promosi Kesehatan Dinkes Kabupaten Bantul setiap tempat kerja wajib menyelenggarakan Upaya Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). Salah satu kegiatannnya adalah melalui pemberdayaan masyarakat pekerja dengan membentuk Pos Upaya Kesehatan Kerja (Pos UKK) yang diharapkan bisa menjadi wadah dari serangkaian upaya pemeliharaan kesehatan pekerja sehingga produktifitasnya dapat meningkat. Dalam pertemuan yang sama, panitia juga mengundang dua orang praktisi dalam pengembangan program Upaya Kesehatan Kerja (UKK) dari Puskesmas Sedayu II, dr. Sri Rahayu yang mengupas tuntas seputar Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di puskesmas dan Koordinator Program UKK Puskesmas Imogiri I, Wheny Haryuningsih, Amd, Keb. yang berbagi pengalaman tentang Sistem Pencatatan dan Pelaporan Program UKK di Puskemas. Kedua praktisi dari puskemas ini mampu menginspirasi seluruh Kepala Puskesmas Se-kabupaten Bantul karena program-program inovatif diwilayah kerjanya masing-masing hingga melahirkan beberapa rekomendasi sebagai program akslerasi yang akan segera ditindak lanjuti di seluruh puskesmas pasca kegiatan Rakor hari itu. Program Akslerasi yang akan dilaksnakan antara lain adalah; Upaya Kesehatan Kerja (UKK) akan dilaksanakan diseluruh puskesmas ; penerapan manajemen K3 dan pelayanan PAK/KAK bagi para pekerja serta promkes tentang Kesehatan dan Keselamatan Kerja; sosialisasi program UKK internal puskesmas dan eksternal kepada lintas sektor; pendataan implementasi manajemen K3 dan program UKK di puskesmas maupun industri formal dan informal yang ada di wilayah kerja puskesmas; action (rapat koordinasi dengan desa melalui forkomkesdes), Survey Mawas Diri (SMD), Musyawarah Mufakat Desa (MMD), pelatihan kader pos UKK, pencatatan dan pelaporan, pembinaan keberlangsungan kegiatan, pelatihan program UKK untuk dokter puskesmas, perbaikan sistem pencatatan dan pelaporan oleh programer UKK; bimtek dan pendampingan oleh Dinkes serta peningkatan mutu program UKK. (HK)

Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat