Berita

RAKERKESDA 2014

Rabu Kliwon, 25 Juni 2014 09:47 WIB 3380

foto

Rapat Kerja Kesehatan Daerah di Kabupaten Bantul telah dilaksanakan pada hari Rabu, 18 Juni 2014 di Tembi Rumah Budaya, Sewon Bantul. Tema yang diusung adalah Percepatan BLUD di 27 Puskesmas, dengan narasumber dari BPKP yaitu Ibu Dessy Adin dan bapak Andi Sofan. Narasumber dari Dinkes yaitu Kadinkes drg. Maya Sintowati Pandji, M.Kes  yang menjelaskan tentang kebijakan BLUD untuk seluruh Puskesmas di Kab. Bantul dan Kabid Yankes, dr. Bintarta, M.Kes yang memaparkan Ulasan Penyiapan BLUD Puskesmas serta Sekdinkes Dra. Ninik Istitarini, MPH menyusun Rencana Tindak Lanjut.

Upaya pengusulan status Puskesmas di Kabupaten Bantul menjadi BLUD telah dirancang sejak tahun 2013. Puskesmas yang akan diusulkan menjadi BLUD harus memenuhi persyaratan substantif, teknis dan administratif. Persyaratan  substantif mencakup penyelenggaraan layanan umum, persyaratan teknis adalah kinerja pelayanan, dan persyaratan administratif meliputi dokumen-dokumen dalam penetapan BLUD yaitu pola tata kelola, rencana strategis bisnis, laporan keuangan pokok, standar pelayanan minimum dan laporan audit terakhir atau pernyataan bersedia diaudit secara independen.

 Pemenuhan persyaratan administratif telah disusun secara mandiri oleh 27 Puskesmas  dengan pendampingan Tim BLUD dari Dinkes dan SKPD, yaitu DPPKAD, Bappeda, Bag. Hukum, Bag. Organisasi, dan RSUD Panembahan Senopati. Pembentukan tim pendamping dan Kelompok kerja penyusunan dokumen administratif, yaitu :

  • Tata Kelola

Puskesmas       : Bantul I (koord), Sewon I, Sewon II, Kasihan II, Jetis I, Jetis II

Pendamping : RSPS (Agus Sriyana, SH), dan Bidang SDK

  • RSB

 Puskesmas       : Kasihan I (koord), Sedayu I, Sedayu II, Pandak I, Pandak II, Pajangan

Pendamping    : Bappeda (Ir. Wachid) dan Sub bag Program (Diana SR, SKM, MSE)

  • SPM

Puskesmas       : Kretek (Koord), Pundong, B.Lipuro, Srandakan, Sanden, Imogiri I, II

Pendamping    : RSPS (Siti Suryati, SKM, MPH) dan Bidang Yankes (dr. Karmijono)

  • Keuangan

Puskesmas       : Banguntapan I, II, III, Piyungan Pleret, Dlingo I dan Dlingo II

Pendamping      : DPPKAD, Kasi Pembiayaan Kesehatan, Sub Bag keuangan, RSPS

 

Tahap berikuitnya adalah penilaian dari dokumen administratif yang telah disusun, dan pengusulan SK Bupati. Kegiatan Rakerkesda Tahun 2014 ini difokuskan pada percepatan persiapan Penerapan BLUD bagi Puskesmas di Kabupaten Bantul dan  implementasi pelaksanaan pola keuangan pasca perubahan status BLUD Puskesmas