Berita

Singkong & Ketela, Makanan "NDESO" Banyak Manfaat

Kamis Legi, 26 Juni 2014 09:36 WIB 5234

foto

Apa komentar anda ketika mendengar kata Singkong? Apa pula komentar anda tentang ketela? Beberapa orang pasti berkomentar, “ ahh, itu makanan orang kampung”. Tapi jangan salah, walaupun hanya makanan kampung, kedua makanan ini memiliki manfaat yang baik bagi tubuh kita. Bahkan lebih baik daripada efek yang diberikan oleh makanan siap saji oleh restoran-restoran yang ada. Mau tahu? Berikut tulisan lengkapnya.

 

KETELA

Ketela bisa di sebut juga dengan umbi jalar, umbi jalar adalah umbi yang tumbuh nya menjalar. Dalam bahasa jawa disebut nama telo. Ketela ini jg banyak di jual orang sebagai makanan olahan seperti telo goreng,keripik telo,dan yang lebih tren lagi dibuat sebagai bahan bakpao yaitu bakpao telo.

Ketela atau umbi jalar atau telo (dalam bahasa jawa) mengandung vitamin, mineral, fitokimia (antioksidan), dan serat (pektin, selulosa, hemiselulosa). Dalam 100 g ubi jalar terdapat 76 kalori yang terdiri dari 17,6 g karbohidrat, 1,57 g protein, 0,05 g lemak, 3 g serat, 30 mg kalsium, 0,61 mg zat besi, 25 mg magnesium, 0,30 mg seng, 0,6 mcg selenium, 337 mg kalium, 22,7 mg vitamin C, dan juga terdapat vitamin A, E, B-6, dan K, serta tidak mengandung kolesterol. Banyak sekali kandungan dari ketela yang bermanfaat buat tubuh kita dan ini adalah beberapa manfaat dari ketela.

 

Kekebalan tubuh

Ubi jalar sangat kaya akan beta karoten, antioksidan utama, serta berbagai nutrisi lain seperti vitamin C, vitamin B kompleks, zat besi, dan fosfor. Hal ini menjadikan ubi jalar sebagai penguat imun yang hebat.

 

Peradangan

Ubi jalar mengandung antiperadangan, didukung dengan adanya betakaroten, vitamin C dan magnesium, maka ubi jalar sangat efektif dalam menyembuhkan peradangan baik internal maupun eksternal.

 

Bronchitis

Kandungan vitamin C, zat besi, dan nutrisi lainnya membantu menyembuhkan bronchitis. Ubi jalar juga dipercaya bisa menghangatkan tubuh (mungkin karena rasa manis serta nutrisi lainnya).

 

Kanker

Kandungan betakaroten, antioksidan, antikarsinogen utama, dan vitamin C, sangat penting untuk menyembuhkan berbagai jenis kanker, terutama kanker kolon, usus halus, prostat, ginjal, dan kanker pada organ dalam lainnya.

 

Keseimbangan air

Serat dalam ubi jalar akan membantu menahan air, sehingga keseimbangan cairan dalam tubuh dapat dipertahankan.

 

Radang lambung

Ubi jalar menimbulkan efek nyaman di lambung dan usus halus. Vitamin B kompleks, vitamin C, betakaroten, kalium, dan kalsium sangat efektif meredakan radang lambung. Selain itu, serat yang dikandung ubi jalar bisa mencegah terjadinya konstipasi dan penimbunan asam, sehingga akan menurunkan kemungkinan terjadinya radang lambung. Antiperadangan dan kandungan yang menenangkan dari ubi jalar juga bisa mengurangi rasa sakit dan peradangan lambung.

 

Diabetes

Pengidap diabetes seringkali dihimbau untuk menghindari makanan yang manis. Hal ini tidak berlaku pada ubi jalar. Makanan satu ini sangat efektif dalam meregulasi kadar gula darah dengan membantu sekresi dan fungsi insulin. Tetapi, tidak berarti kalau pengidap diabetes bisa makan ubi jalar tanpa aturan. Tetapi, mereka bisa mengganti asupan nasi atau karbohidrat mereka dengan ubi jalar.

 

Penambahan berat badan

Ubi jalar mengandung karbohidrat kompleks disertai vitamin dan mineral yang mudah dicerna. Oleh sebab itu, ubi jalar merupakan sumber energi dan efektif untuk membangun otot. Bagi Anda yang tidak percaya diri karena tulang-tulang menonjol ke permukaan kulit, cobalah mengonsumsi makanan super ini. Cara ini tidak menghasilkan efek samping apa pun sehingga lebih aman daripada mengonsumsi suplemen pembangun otot.

 

 

SINGKONG

Singkong bisa disebut dengan ketela pohon atau ubi kayu kalo dalam bahasa jawa bisa di sebut dengan nama pohong. Singkong adalah pohon tahunan tropika dan subtropika dari keluarga euphorbiaceace. Singkong ini adalah salah satu teman dari ketela, singkong ini mempunyai banyak zat yang baik untuk tubuh yang tidak kalah dengan teman nya si ketela. Dan ini adalah zat yang terkandung dalam singkong:

  • Kalori 121 kal
  • Air 62,50 gram
  • Fosfor 40,00 gram
  • Karbohidrat 34,00 gram
  • Kalsium 33,00 miligram
  • Vitamin C 30,00 miligram
  • Protein 1,20 gram
  • Besi 0,70 miligram
  • Lemak 0,30 gram
  • Vitamin B1 0,01 miligram

Setelah mengetahui beberapa kandungan zat yang dalam singkong atau pohong, juga kaya akan manfaat bagi tubuh. Ini beberapa manfaat singkong bagi tubuh kita.

 

Manfaat singkong untuk reumatik

Untuk mengobati rematik, pengobatan dengan singkong bisa dari dalam maupun luar. Pada pemakaian luar, gunakan daun singkong lima lembar ditambah 15 gram jahe. Lalu aduk dan oleskan pada tubuh.

Untuk pengobatan dari dalam, gunakan 100 gram batang singkong, serai, garam, jahe 15 gram. Semua bahan tersebut direbus dengan 1000cc air hingga menjadi 400 cc, saring. Minum sebanyak 200cc sekali dalam sehari. Lakukan selama dua hari.

 

Manfaat Singkong untuk Demam

Rebus 60 gram batang singkong dan 300 gram daun singkong dengan 800 cc air. Biarkan rebusan menyusut sampai 400 cc, saring dan minum. Untuk hasil maksimal, harus meminumnya dua kali sehari.

 

Manfaat Singkong untuk Luka

Singkong juga dapat digunakan untuk mengobati luka yang telah memasuki tahap infeksi. Caranya: Tumbuk batang singkong yang masih segar, lalu boreh di daerah yang luka. Boleh juga dibalut lagi dengan perban. Untuk luka yang disebabkan oleh benda panas, singkong dapat diparut dan diperas. Kemudian olesi di daerah luka. Lakukan hingga luka mengering.

 

Manfaat Singkong untuk Diare

Untuk mengobati diare atau sakit perut, coba deh gunakan daun singkong. Caranya dengan merebus tujuh lembar daun singkong, dengan 800 cc air, biarkan hingga menyusut 400 cc, saring dan minum.

 

Manfaat Singkong untuk Sakit Kepala

Minum obat sakit kepala terlalu banyak juga tidak baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, sebaiknya coba cara alami dengan menumbuk daun singkong sampai halus, lalu menaruhnya di atas kepala untuk kompres.

 

Manfaat Singkong untuk Beri-beri

Beruntung bagi mereka yang gemar menyantap daun singkong, karena akan terhindar dari penyakit ini. Namun, bagi yang sudah terkena penyakit beri-beri, harus mengonsumsi 200 gram daun singkong rebus seperti sayuran segar.

 

Manfaat Singkong untuk Meningkatkan Stamina

Untuk meningkatkan stamina, campurkan 100 gram singkong, 5 butir angco (sejenis kurma Tiongkok), dan air. Untuk menghindari rasa pahit, tambahkan sedikit madu.

Nah itulah beberapa zat dan manfaat yang terkandung dalam ketela dan singkong yang sangat bagus bagi tubuh kita. Setelah kita mengetahui beberapa manfaat dari ketela dan singkong apakah kita masih tidak mau memakan nya. Mari mulai sekarang perbanyak makan ketela dan singkong ya biar manfaat nya bisa berguna bagi tubuh kita.

sumber : http://dinkes.jogjaprov.go.id/berita/detil_berita/732-singkong-ketela-makanan-ndeso-banyak-manfaat

dari Sub Bag Program