Berita

Manfaat Besar yang Terkandung dari Buah Kiwi

Rabu Pahing, 2 Juli 2014 08:51 WIB 6432

foto

Bentuknya boleh mungil, tapi buah oval ini kaya nutrisi yang bisa menyehatkan tubuh. Ingin tahu lebih jauh manfaat buah kiwi? Buah kiwi adalah sejenis buah beri yang meski kaya serat tetapi memiliki tekstur daging buah yang sangat halus. Hingga saat ini buah kiwi sudah banyak ditanam di berbagai negara.

Buah yang awalnya bernama Gosberi Cina ini terdiri dari dua jenis, yaitu buah kiwi hijau dan buah kiwi emas (gold kiwi).

Buah kiwi emas adalah hasil persilangan antara buah buah kiwi di Cina dengan di Selandia baru. Soal rasa, gold kiwi lebih manis ketimbang buah kiwi hijau yang cenderung asam. Nutrisinya pun lebih banyak terdapat dalam gold kiwi meski perbedaannya tak terlalu banyak. Namun, kedua jenis ini sama-sama bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Apa saja manfaatnya?

Kaya Antioksidan Menurut dr. Marlyn Glenville dari Food and Health Forum International, kulit buah kiwi mengandung antioksidan, bahkan tiga kali lebih banyak dari daging buahnya. Antioksidan tinggi tersebut mudah diserap tubuh (vitamin C dan E, po-lyphenol, carotenoid, dll) dan membantu memperbaiki sel tubuh akibat radikal bebas.

Normalkan Tekanan Darah Potasium penting untuk tubuh, salah satunya untuk menormalkan tekanan darah. Mengonsumsi dua buah kiwi mampu memenuhi 10% kebutuhan potasium harian Anda. Sama dengan sebuah pisang, namun rendah kalori.

Cegah kanker Riset Rowett di Inggris menemukan, mengonsumsi gold kiwi setiap hari akan memberikan dua kali lipat tingkat perbaikan DNA seseorang. Kerusakan genetik ini menjadi penyebab kanker. Kesehatan Jantung Universitas Oslo di Norwegia menemukan, dengan mengonsumsi dua atau tiga buah kiwi sehari dapat meningkatkan kesehatan jantung, mengencerkan darah, dan mengurangi pembekuan darah.

Kiwi juga menurunkan kadar trigliserida dalam darah hingga 15%. Sumber alami vitamin E rendah lemaknya menjaga kesehatan jantung. Turunkan Gejala Asma Cobalah konsumsi 5-7 porsi buah kiwi dan buah jeruk selama seminggu.

Sebuah penelitian di Italia menemukan, campuran kedua buah itu mampu menurunkan gejala batuk dan asma pada anak-anak.

Cerahkan kulit Sebuah kiwi mengandung vitamin C tiga kali lipat dibanding jeruk, sehingga mampu memenuhi asupan harian vitamin C Anda. Dosis yang tinggi ini bermanfaat menjaga kulit tetap kencang dan lentur, serta mempertahankan tingkat kolagen. Vitamin C pada buah kiwi juga berfungsi sebagai anti bakteri yang membantu mencerahkan kulit.

Sahabat Pencernaan Buah kiwi menjadi sumber serat alami yang berguna bagi kesehatan sistem pencernaan. Enzim actinidin di dalamnya dapat membantu menguraikan protein. Kandungan prebiotiknya menjaga kesehatan usus. Sumber folat Bagi wanita hamil, asam folat tentu sangat dibutuhkan untuk perkembangan optimal gen pada janin. Nah, buah kiwi merupakan salah satu buah dengan sumber folat yang tinggi. Zespri SunGold Kiwifruit Zespri sebagai pemimpin dalam industri buah kiwi menghadirkan varietas baru yaitu, Buah Kiwi Zespri SunGold. Dengan daging buah kuning keemasan dan ukuran lebih besar, cita rasa Buah Kiwi Zespri SunGold lebih lezat, manis dan segar.

Hasil dari pembibitan kemitraan antara Zespri dan Plant and Food Research di Selandia Baru ini dikembangkan melalui persilangan alami selama 10 tahun. Tekstur daging Buah Kiwi Zespri SunGold lebih lembut dalam balutan kulit yang halus. Bentuknya pun konsisten dan masuk peringkat tertinggi dalam tes cita rasa yang dilakukan terhadap penikmat Buah Kiwi Zespri Green dan Gold. Varietas Buah Kiwi Zespri SunGold terpilih dari sekitar 100 ribu bibit Buah Kiwi Zespri yang termasuk dalam program pembibitan karena mengandung nutrisi konsisten, kulit halus dan daging buah lembut, cita rasa manis menyegarkan, berukuran besar dengan bentuk oval sempurna, serta kualitas penyimpanan yang terjaga. Waktu terbaik untuk mengonsumsi Buah Kiwi Zespri SunGold adalah saat buah sudah lunak, karena tekstur rasa dan tingkat kemanisannya meningkat dibanding varietas Zespri lainnya. Masa penyimpanan Buah Kiwi Zespri SunGold pun lebih lama dan tentu menguntungkan bagi konsumen. Secara konsisten Buah Kiwi Zespri SunGold menempati peringkat teratas kepadatan nutrisi karena mengandung vitamin C tinggi (setara 3 buah jeruk), serat, folat dan potasium. Menurut USDA Nutrient Database 2012, tingkat nutrisi Buah Kiwi Zespri SunGold setara dengan 10 buah apel. Dengan mengonsumsi 2 Buah Kiwi Zespri SunGold setiap hari dapat menunjang fungsi normal sistem kekebalan tubuh. Selain itu, penelitian terbaru yang dilakukan di Selandia Baru membuktikan, mengonsumsi 2 Buah Kiwi Zespri SunGold setiap hari meningkatkan kekuatan tubuh, memberikan energi lebih, dan memperbaiki mood.

sumber : http://dinkes.jogjaprov.go.id/berita/detil_berita/734-buah-kiwi

dari : Sub Bag Program


Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat