Berita

Lomba LSS Tingkat Nasional Di SD Ngrukeman

Kamis Pon, 3 Juli 2014 08:17 WIB 3813

foto

Promkes (Bantul), SD Ngrukeman yang pada tanggal 17 juni 2014 mengikuti Lomba Sekolah Sehat(LSS) tingkat Nasional yang di sambut oleh wakil Bupati Bantul sekaligus memberi sambutan tim yuri dari Jakarta. Dalam lomba itu dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, Kepala Dinas Pendidikan Menengah Dan Non Formal, Kepala Dinas Pendidikan Dasar, Kepala Bapeda, Dinas Sosial, Kepala Badan Lingkungan Hidup, Kepala Kementrian Agama, Dinas Pertanian Dan Kehutanan, Departemen Pekerjaan Umum, PKK, Palang Merah Indonesia, Badan Ketahanan Pangan, Dinas Perhubungan, Polres/Polsek, Kodim/Koramil, Stikes Almaata, Akbid Umi Khasanah, TP UKS Kecamatan Kasihan.

      Penyambutan Tim Penilai dari Jakarta di arak dengan kereta kuda yang telah dipersiapkan dengan baik. Berbagai macam penampilan pakaian adat juga menyambut  dari Gerbang Sekolah menuju tempat yang telah disediakan. Selain itu sebelum Tim memasuki kawasan sekolah, siswa siswi SD Ngrukeman juga menyambut di depan gerbang sekolah sebagai wujud partisipasi dan dukungannya kepada sekolah mereka walaupun menunggu kedatangan Tim dari pagi tetapi tetap semangat.. 

      Tujuan dari lomba ini adalah untuk memberikan motivasi dan sekaligus penguatan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di SD Ngrukeman. Lomba ini memiliki ketentuan bahwa setiap peserta merupakan juara 1 tingkat provinsi yang di buktikan dengan surat keputusan Gubernur (Pembina UKS Provinsi) tentang penetapan pemenang Lomba Sekolah Sehat(LSS). SD Ngrukeman ini merupakan SD unggulan yang diajukan mewakili Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Semua itu tidak lepas dari dukungan semua pihak sehingga SD Ngrukeman bisa maju ke tingkat Nasional.

     Kriteria lomba yang dinilai oleh Tim yuri yaitu; kelangkapan adminitrasi, ruang UKS, kebersihan kantin, kebersihan kamar mandi dan WC, kerapian dan penerangan kelas, kebersihan dan kelengkapan mushola, pengolahan sampah, grieen hause, pemanfaatan toga dan warung hidup juga perang masyarakat sekitar dalam mengikuti lomba.

     Dalam upaya meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan tersebut di Sekolah, perlu ditingkatkan kesehatan di lingkungan sekolah, untuk itu Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) sangatlah penting. Sehubungan dengan hal tersebut maka diharapkan adanya prakarsa kegiatan / pelatihan yang meliputi pembinaan, pengembangan dengan menumbuhkembangkan dalam bimbingan dan penghayatan serta menanamkan pelaksanaan prinsip hidup sehat di lingkungan Sekolah. Upaya pembinaan dan pengembangan UKS menjadi tanggung jawab bersama antara Pemerintah, Guru, Peserta didik dan masyarakat.(HK)

dari : Seksi Promkes Bidang PMS


Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat