Berita

Dinas Kesehatan Kab. Bantul Mengikuti Sosialisasi Kesehatan Jiwa Remaja

Senin Pahing, 7 Juli 2014 13:45 WIB 3777

Acara ini dilaksanakan di RSJ Grhasia DIY Pakem Sleman, Tanggal 25 Juni 2014. Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini, kita dapat mengetahui perkembangan remaja dan pola asuh mempengaruhui kejiwaan remaja/anak. Selain itu sikap gurupun dapat mempengaruhi kesehatan jiwa anak dengan aturan terlalu keras dan kurang mampu menjelaskan materi pelajaran.

Yang perlu kita perhatikan adalah sebagai berikut  :

  1. Prinsip Life-Span Perspective adalah
    1. Setiap tahap perkembangan harus mencapai optimalisasi potensi anak.
    2. Potensi yang optimal akan menjadi dasar yang kuat untuk mengembangkan potensi lain
    3. Potensi yang tidak berkembang optimal akan menjadi hambatan bagi perkembangan potensi lain.
  2. Ada 3 aspek perkembangan :
  • Fisik/motorik

           Pengendalian gerakan tubuh melalui kordinasi antara syaraf otot otak dan sumsum tulang  

           belakang

  • Kognitif

          Proses menerima, memproses atau mengolah, menyimpan dan mengeluarkan kembali informasi

  • Emosi dan psikososial

          Berkaitan dengan penerimaan terhadap diri dan lingkungan sosial.

     3. Kesehatan jiwa harus dipersiapkan dengan cara :

  1. Pelatihan guru
  • Kebijakan sekolah tentang penerapan system
  • Materi kesehatan jiwa dan metode psikososial remaja deteksi dini kesehatan jiwa

     b. Pelatihan Peer Educator

  • Memberikan informasi kesehatan jiwa
  • Keterampilan sosial dan komunkasi dengan baik
  • Mengasah Skill

      c. Screning/deteksi masalah kesehatan jiwa

  • Tujuan   : memetakan status kesehatan jiwa siswa
  • Sasaran  : seluruh siswa
  • Metode : Mengisi instrument deteksi kesehatan 

      d. Treatment terhadap siswa berisiko

  • Tujuan    : membantu siswa mengatasi masalah
  • Sasaran  : siswa bermasalah dari keluarga
  • Metode : Konseling sebaya, penyuluhan orangtua oleh guru dan Peer Educator

       e. Laporan / Progress

  • Input     : Proses
  • Output  : Outcome

     4.Gangguan jiwa yang dapat dialami anak dan remaja

  1. Gangguan kecemasan
  • Tidak bisa relaks
  • Keluhan fisik berupa sakit kepala, keringat dingin, berdebar, BAB tidak lancar dan sering, Nyeri
  • Kewaspadaan meningkat, konsentrasi berkurang dan sensitif

      b. Gangguan perilaku

  • Gangguan ini cenderung untuk menentang aturan dan sering mengganggu di lingkungan seperti di sekolah

      c. Gangguan makan

  • Pica adalah anak makan yang tidak wajar/berlebihan

      d. Gangguan afektif termasuk depresi

  • Pada anak gejala tersebut kadang tidak nyata, namun ditandai dengan perilaku mudah marah dan membangkang.
  • Dapat disertai gangguan tidur

      e. Gangguan eliminasi

  • Gangguan ini mempengaruhi perilaku yang terkait dengan BAB dan BAK

      f. Gangguan jiwa berat ( psikotik )

 

     5. Permasalahan Remaja :

  1. Masalah pelajaran di sekolah, misalnya kesulitan memahami pelajaran, tugas-tugas yang menumpuk.
  2. Masalah penyesuian diri, misalnya konflik dengan teman, merasa ditekan dan dikucilkan
  3. Masalah dengan orangtua, misalnya konflik dengan orangtua, perasaan terbebani dengan harapan ortu ( nilai harus bagus, sekolah harus sesuai harapan ortu )
  4. Masalah psikologis, misalnya perasaan rendah diri, kecemasan, kecewa, murung, putus asa, frustasi ( ujian tidak lulus, tidak masuk kampus yang diinginkan )
  5. Masalah lingkungan tempat tinggal, misalnya lingkungan yang terlalu padat, lingkungan kumuh, perasaan sumpek
  6. Masalah dengan guru, misalnya aturan terlalu keras, kurang mampu menjelaskan materi pelajaran
  7. Masalah suasana rumah, misalnya konflik antara bapak dan ibu, konflik dengan saudara
  8. Masalah lalu lintas, misalnya kemacetan, berdesakan didalam bis kota
  9. Masalah pergaulan dengan pasangan jenis, misalnya malu, tidak percaya diri, hubungan dengan pasangan jenis yang tidak diterima orangtua.
  10. Masalah dengan penampilan, misalnya merasa tidak cantik, jerawat, terlalu gemuk atau kurus, kulit yang coklat kehitaman
  11. Masalah ekonomi, misalnya keterbatasan dana untuk belajar dan mengembangkan potensi

 

     6. Transisi fundamental pada masa remaja :

  1. Transisi Biologis
  • Perubahan fisik/biologis yang dramatis/drastis/cepat pada manusia

      b. Transisi Kognitif

  • Remaja menjadi tampak lebih pintar dan lebih banyak tahu daripada anak

      c. Transisi Sosial

  • Masa remaja merupakan saat untuk memperluas wawasan sosial
  • Aktifitas bertambah banyak dan berada diluar keluarga

Oleh karena itu yang dilakukan oleh orang tua dan guru dalam kesehatan jiwa anak dan remaja adalah memahami anak hidup di jaman yang berbeda, menjalin komunikasi efektif dan menjadi bagian dari solusi bukan bagian permasalahan, serta pendekatan dengan anak jangan bicara dengan keras dan harus bicara dengan positif, misalkan 

Marilah kita Hidup Ber-Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat !!!

Ciptakan Generasi Kita Yang Cerdas  !!! ( APP )


dari : Seksi Promkes Bidang PMS


Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat