Berita

Buah Tomat sebagai Penggempur Komedo

Senin Pahing, 7 Juli 2014 13:59 WIB 4046

foto

Tomat mempunyai banyak manfaat dan khasiat kesehatan. Tidak jarang tomat dijadikan hiasan suatu menu masakan. Selain  mampu mempercantik, hiasan buah tomat dapat juga dimakan.

Kandungan vitamin dalam tomat antara lain vitamin A dan C. Vitamin ini dipercaya bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Jenis tomat warna merah memiliki kandungan vitamin A dan C lebih banyak dibandingan yang hijau. Tomat merah pun sangat baik dikonsumsi anak-anak sejak dini untuk membantu menjaga kesehatan mata dan meningkatkan imunitas. Sebagai penggempur jerawat, caranya dengan merebus tomat lalu dipotong-potong. Hasilnya digosokkan pada bagian yang jerawat. Didiamkan sepuluh menit, lalu dibilas dengan air bersih.

Dengan dilakukan rutin diharapkan jerawat segera sembuh. Sedangkan kandungan lycopene dalam tomat diyakini sebagai salah satu jenis anti oksidan alami. Bahkan, berkhasiat membantu mecegah kerusakan sel yang dapat mengakibatkan kanker pankreas dan kanker laher rahim.

Kegunaannya di bidang kesehatan wajah, antara lain untuk mengurangi komedo. Cara memanfatkan, tomat dihaluskan dan campurkan dengan madu. Campuran ini disebarkan pada wajah dan dibiarkan selama 15 menit dengan air hangat. Tak seperti sayur lainnya tomat tak berkurang ketika dimasak. Sebaliknya, malah disarankan agar tomat diolah terlebih dahulu. Zat yang terkandung dalam tomat bermanfat untuk menghancurkan radikal bebas ketika sudah masak. Untuk membantu menghaluskan kulit wajah, cukup meletakkan air jus tomat pada wajah. Dibiarkan beberapa saat dan dibilas dengan air bersih. Sedangkan untuk mencerahkan kulit, cukup menggunakan satu buah tomat yang telah dihancurkan. Hasilnyadigunakan sebagai masker alami.

sumber : http://dinkes.jogjaprov.go.id/berita/detil_berita/735-buah-tomat-penggempur-komedo


Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat