Berita

Manfaat yang terkandung dalam segelas Susu

Kamis Pahing, 17 Juli 2014 08:12 WIB 4697

foto

Segelas susu memiliki sederet manfaat bagi tubuh. Beberapa gelas susu yang dianjurkan diminum setiap hari. Dalam kehidupan sehari-hari, tubuh manusia membutuhkan  asupan makanan bergizi seimbang. Susu menjadi salah satu bagian dari konsep asupan bergizi seimbang tersebut.

Menurut Epi Taufik Spt, MVPH,Msi,PhD, susu termasuk salah satu minuman yang memiliki khasiat cukup tinggi yang diperlukan dalam tubuh manusia. Pasalnya susu memiliki sumber kalsium juga protein,lemak, vitamin, dan mineral. Epi menjelaskan definisi susu yang diambil dari CAC (Codex Alimentarius Commission) atau dewan standar pangan dunia. Susu lanjut Epi, adalah sekresi kelenjar ambing yang sehat dari hewan atau ternak perah yang sehat. Artinya cairan yang keluar dari ambing atau udder atau kelenjar susu hewan (sapi, kambing, domba, unta, kuda, dan lain-lain ujar ahli susu ini. Menurut Epi, manusia juga hewan dalam taksonomi dan masuk ke Kingdom Animalia. Menyinggung banyaknya susu-susu yang diambil dari tumbuhan atau nabati seperti yang  dikenal masyarakat selama ini sebagai susu kedelai, susu bunga matahari, dan sebagainya, Epi  punya pendapat. Sebenarnya, kalau dari tumbuhan atau nabati tidak layak disebut susu tapi merupakan jus atau ekstrak buah atau sayuran. Misalnya, jus kedelai atau ekstrak kedelai jelasnya.

Susu segar orang awn kerap kali menghubungkan susu sehat dengan susu cair atau segar(fresh milk). Sumbernya bisa bermacam-macam. Sebut saja sapi, kambing atau unta. Pada dasarnya semua susu segar itu sehat karena kandungan nutrisinya . Sementara itu, fresh milk yang dijual di pasaran, baik pasteurized (susu pasteurisasi) atau UHT, dapat disebut sebagai susu steril.Keduanya baik udikonsumsi anak-anak sampai orangtua. Fresh milk lebih disarankan dari sisi kandungan nutrisi atau zat gizi dan kandungan komponen bioaktif lain. Sesuai usia Epi pun memaparkan manfaat yang diperoleh tubuh manusia yang meminum susu secara rutin. Apabila susu merupakan minuman yang memiliki sumber kalsium terkaya dan diperlukan untuk pertumbuhan serta pemeliharaan tulang gigi, kuku, juga mencegah osteoporosis. Susu juga mengandung vitamin B6 yang penting untuk membuat sel darah baru, vitamin B2 untuk energi dan mineral seng untuk kulit sehat, mata dan sistem kekebalan tubuh, tambah peneliti dari IPB ini. Lantas sebera runtunkah seseorang perlu mengonsumsi susu ? Epi menuturkan, setiap harinya manusia membutuhkan asupan kalsium yang berbeda-beda. Hal ini disesuaikan dengan rentang umur manusia. Para ahli nutrisi sendiri merekomendasikan untuk seseorang mengonsumsi 2-3 porsi susu per hari untuk mendapatkan jumlah yang tepat dari kalsium atau kandungan nutrisi lainnya. Dimana satu porsi susu sama dengan 200 ml  susu atau setara dengan satu  botol  sedang yogurt atau keju seukuran kotak korek api’ katanya. Walaupun susu bermanfaat, konsumsi susu sebagai besar orang Indonesia masih tergolong rendah. Susu seperti hanya makanan lainnya adalah sumber zat gizi bagi manusia , tegas Epi. Menurutnya, zat gizi nagi manusia bisa didapatkan dari beragam sumber makanan. Susu sering dianggap sumber kalsium yang baik. Selain susu,ada juga sumber kalsium lain. Misalnya, borokoli dan ikan salmon. Namun susu memiliki keunggulan dibandingkan makanan lain yang bergizi setara. Susu memiliki rasa enak dan lezat. Selain itu, daya cerna susu hampir 100 persen. Ini berarti hampir semua zat gizi dalam susu dipakai dalam metabolisme tubuh. Susu memiliki hampir semua zat gizi seperti protein, lemak, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan manusia. Mutu protein serta lemak susu juga lebih dibandingkan makanan lain.

 

dari : Sub Bag Program

sumber : http://dinkes.jogjaprov.go.id/berita/detil_berita/722-manfaat-segelas-susu


Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat