Berita

Sikap Positif Tingkatkan Harapan Hidup Pasien Penyakit Jantung

Senin Wage, 18 Agustus 2014 12:38 WIB 3500

foto

Sikap positif akan mendorong pasien untuk selalu aktif, meningkatkan frekuensi aktivitasnya termasuk berolahraga sehingga bermanfaat untuk kesehatan jantungnya. Dalam penelitian tersebut, pasien penyakit jantung yang selalu bersikap positif mempunyai tingkat harapan hidup yang lebih tinggi yakni sebesar 42 persen dibandingkan dengan pasien jantung yang selalu bersikap negatif.

Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa sikap positif bisa membuat pasien jantung hidup lima tahun lebih lama dibandingkan dengan pasien yang cenderung bersikap negatif. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa pasien yang selalu bersikap positif cenderung lebih rajin berolahraga.

Susanne Pedersen, seorang profesor psikologi jantung, Universitas Tilburg, Belanda, mengatakan bahwa olahraga sangat baik untuk jantung. Di sisi lain, sikap positif akan menaikkan mood atau suasana hati seseorang yang pada akhirnya akan mendorong dia untuk lebih giat berolahraga. Hal ini akan membuat jantung lebih kuat dan meningkatkan harapan hidup pasien.

Secara umum, pasien penyakit jantung cenderung hanya fokus untuk meredakan stres saja. Namun dengan adanya penelitian ini, menerapkan sikap positif ternyata juga sangat diperlukan.

Penelitian ini menganalisa sekitar 600 pasien yang memiliki penyakit arteri koroner, yang dirawat di sebuah rumah sakit di Denmark. Di tahun 2005, pasien diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang bertujuan untuk menilai suasana hati mereka dan frekuensi olahraga yang mereka lakukan. Di antara 80 pasien yang meninggal selama berlangsungnya penelitian, 30 pasien diketahui mempunyai sikap positif, sedangkan 50 pasien sisanya mempunyai sikap yang cenderung negatif.

Dr. Suzanne Steinbaum, seorang ahli jantung di New York, menambahkan, selain olahraga, ada alasan lain mengapa sikap positif dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Sebuah pandangan yang positif bisa mengurangi kadar hormon stres dan penanda inflamasi. Mereka yang mempunyai pandangan positif cenderung menerapkan perilaku sehat yang lainnya, seperti pola makan yang sehat, cukup tidur, dan tidak merokok.

dari : Sub Bag Program

sumber : http://www.artikelkesehatan99.com/sikap-positif-tingkatkan-harapan-hidup-pasien-penyakit-jantung/


Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat