Berita

ANGKRINGAN “GELIMASJIWO” PRIMADONA DESA NGESTIHARJO

Senin Pahing, 20 Oktober 2014 08:11 WIB 3652

foto

BANTUL, PROMKES – Angkringan “Gelimasjiwo” menjadi suguhan unik Tim Verifikasi Penganugerahan Penghargaan Manggala Karya Bakti Husada (MKBH) Kemenkes RI yang berkunjung di Dusun Sonopakis Lor, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul pada Selasa, 14/10 lalu.

 

Delegasi Kemenkes RI yang berkunjung di Kabupaten Bantul pada hari ke-2 malakukan verifikasi lapangan Program Kekep Ibu danBapak Asuh Penanggulangan Penyakit Demam Berdarah (P2DB) di wilayah Puskesmas Kasihan 1, Program Desa Wisata Kesehatan dengan Minat Utama Pemberdayaan Masyarakat dalam Memanfaatkan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) di wilayah Puskemas Kasihan 2 serta Program Bidan Cilik dan Sedekah Sampah di wilayah Puskesmas Banguntapan 2 Bantul.

 

Setelah dibuat kagum mengunjungi salah satu posyandu di wilayah Puskesmas Kasihan 1 Bantul, Tim Verifikasi semakin hanyut dalam suasana riang penuh kekeluargaan di Dusun Sonopakis Lor wilayah Puskesmas Kasihan 2 karena sambutan masyarakat yang kental dengan sentuhan budaya lokal. Salah satunya adalah palayanan angkrigan “Gelimasjiwo” yang menyuguhkan wellcome drink berupa ramuan TOGA SERUNI (Daun Serai+Jeruk Nipis) berikut berbagai makanan ringan khas Bantul maupun pernik-pernik kerajinan tangan buah karya para mantan penderita gangguan jiwa yang tergabung dalam Program Rehabilitasi Berbasis Masyarakat (RBM) Gerakan Peduli Masyarakat Sehat Jiwa (Gelimasjiwo).

 

Gelimasjiwo merupakan perkumpulan penderita dan keluarga dengan gangguan jiwa berat yang berobat di puskesmas Kasihan 2 ataupun di fasilitas kesehatan lain, yang  langsung dalam binaan Puskesmas Kasihan 2 bersama kader terdidik, FKIK-FKU Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Dinas Sosial dan  lain –lain dalam program kemitraan yang mengembangan Program Desa Siaga Sehat Jiwa (DSSJ) di wilayah Desa Ngestiharjo. Kegiatan ini merupakan embrio munculnya Program DSSJ di Daerah Istimewa Yogyakarta yang saat ini sudah dijadikan model pengembangan di Kabupaten/Kota lain di Provinsi ini.

Kegiatan yang dilatarbelakangi karena tingginya kasus kambuh akibat putus obat dan/atau beberapa faktor permasalahan lain yang berdampak menurunnya kualitas hidup pasien serta keluarga. Oleh karena itu program yang bertujuan meningkatkan kualitas dan kesejahteraan penderita/keluarga telah melaksanakan berbagai kegiatan seperti; Terapi Aktifitas Kelompok (TAK), Pelatihan pada Pasien dan Keluarga (memasak, membuat jamu, bercocok tanam dalam pot, pipa, membuat  kerajinan manik manik seperti bros, gelang, peniti hias, bahan limbah   toples hias,  pigura hias serta Pertemuan Keluarga Pasien dalam bentuk Self Help Group (SHG) telah terbukti mampu mewujudkan masyarakat yang sehat secara umum dan sekaligus sehat secara ekonomi.

Angkringan dipilih sebagai sebuah pendekatan disamping karena budaya asli Jogja juga efektif untuk melakukan 3 kegiatan utama Gelimasjiwo diatas yang terbukti mampu mendekatkan masyarakat dengan para mantan penderita sekaligus mampu menghapus stigma negatif tentang gangguan jiwa bahkan meningkatkan taraf kesejahteraan penderita maupun keluarga.

Rombongan yang dipimpin langsung oleh Ismawiningsih, SKM, MKM ini kemudian menikmati berbagai Pelayanan Kesehatan Tradisional dan Komplementer (Yankestradkom) yang disajikan Paguyuban Pengobat Tradisonal Puskesmas Kasihan 2 dengan berkonsultasi, minum jamu bahkan menghilangkan kepenatan dengan akrupresur maupun terapi dengan alat sederhana - tehnologi modern. Selama 2 jam penuh Tim Verivikasi ini di Dusun Sonopakis Lor kemudian melanjutkan perjalanannya ke wilayah Puskesmas Banguntapan 2 sembari melontarkan sebuah pertanyaan “Kejutan apalagi yang akan kita jumpai di titik yang terakhir nanti ya?”(GP)

sumber : Promkes


Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat