Berita

RAPAT KERJA KESEHATAN DAERAH (RAKERKESDA) DALAM RANGKA PERENCANAAN DAN PENGANGGARAN TERPADU PROGRAM UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT (UKM) DI PUSKESMAS

Kamis Pahing, 30 Oktober 2014 07:51 WIB 4522

LATAR BELAKANG

Puskesmas adalah Unit Pelaksana Teknis(UPT) Dinas Kesehatan Kabupaten yang merupakan ujung tombak penyelenggara pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat di wilayah kerjanya. Untuk mendukung keberhasilan penyelenggaraanupaya kesehatan di Puskesmas, perlu dikelola melalui pencapaian manajemen Puskesmas secara optimal.

Manajemen Puskesmas adalah rangkaian kegiatan yang dilaksanakan secara sistematik untuk menghasilkan luaran Puskesmas secara efektif dan efisien. Manajemen Puskesmas tersebut terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian serta pengawasan, penilaian dan pertanggungjawaban. Seluruh kegiatan manajemen Puskesmas tersebut merupakan satu kesatuan yang saling terkait dan berkesinambungan, artinya evaluasi hasil kinerja/kegiatan yang dilaksanakan harus dapat digunakan untuk menyusun perencanaan yang akan datang, dan selanjutnya perencanaan yang dibuat dapat dipantau dan dinilai hasilnya.

Perencanaan tingkat Puskesmas merupakan proses penyusunan rencana kegiatan Puskesmas pada tahun yang akan datang yang dilakukan secara sistematis untuk mengatasi masalah kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya. Sejalan dengan alur perencanaan dan penganggaran di Kabupaten, Puskesmas membuat Rencana Usulan Kegiatan (RUK) untuk tahun berikutnya (y+1). Penyusunan RUK tersebut dibuat pada bulan Januari tahun berjalan (y) berdasarkan hasil kajian pencapaian kegiatan tahun sebelumnya (y-1), dan diharapkan proses penyusunan RUK telah selesai dilaksanakan di Puskesmas pada akhir bulan Januari tahun berjalan (y). Selanjutnya RUK Puskesmas tersebut akan dibahas di Dinas Kesehatan untuk diajukan ke Pemerintah Kabupaten melalui SKPD Dinas KesehatanU

 

TUJUAN

Tersusunnya Rencana Usulan Kegiatan (RUK)  Program Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) di 27 Puskesmas yang bersumberdana APBN dan APBD.

 

PESERTA

Peserta sebanyak 45 orang yang terdiri dari :

  • Pejabat struktural Dinas Kesehatan                 : 18 orang
  • Kepala Puskesmas                                   : 27 orang

 

BENTUK KEGIATAN

  1. Presentasi  oleh Nara sumber
  2. DESK penyusunan RPK Program UKM di Puskesmas berdasarkan RUK bersama Pendamping Puskesmas

 

WAKTU PELAKSANAAN

Hari, tanggal       : Rabu, 29 Oktober 2014

Jam                     :  08.00 WIB s/d selesai

Tempat               : “ Tembi Rumah Budaya ”

   Jl. Parangtritis KM 8,4 Tembi, Timbulharjo, Sewon, Bantul

 

JADWAL KEGIATAN

 

Waktu (WIB)

Materi

Narasumber

Moderator

08.15 – 09.00

Registrasi

 

Panitia

09.00 – 09.15

Pembukaan dan Sambutan

drg. Maya Sintowati, MM

Dra. Ninik I, Apt, MPH

09.15 – 09.30

Coffe Break

 

 

09.30 – 10.15

Kebijakan Pembangunan Kesehatan  di Kabupaten Bantul

drg. Maya Sintowati, MM

Diana S R, SKM, MSE

10.15 – 11.00

Pedoman Perencanaan Tingkat Puskesmas

Diana S R, SKM, MSE

Nur Allailiyah, SSiT, MPH

11.00 – 11.45

DESK Penyusunan RUK Program UKM di Puskesmas

dr. T. Bintarta H S, M.Kes

Diana S R, SKM, MSE

1145 – 12.30

DESK Penyusunan RUK Program UKM di Puskesmas

Dr. Pramudi D, M.Kes

Nur Allailiyah, SSiT, MPH

12.30 -13.15

Ishoma

 

 

13.15 – 14.00

DESK Penyusunan RUK Program UKM di Puskesmas

Dra. Ninik I, Apt, MPH

Diana S R, SKM, MSE

14.00 – 14.45

DESK Penyusunan RUK Program UKM di Puskesmas

Sidiq Rohadi, SE, MM

Nur Allailiyah, SSiT, MPH

14.45 – 15.00

Coffe Break

 

 

15.00 – 15.45

DESK Penyusunan RUK Program UKM di Puskesmas

drg. Siti Roikhana, MPH

Nur Allailiyah, SSiT, MPH

15.45 – 16.00

Penutup

 

 

 

PEMBIAYAAN

Biaya kegiatan ini dibebankan kepada APBD Kabupaten Bantul Tahun 2014 sesuai alokasi penganggaran yang ada di Dinas Kesehatan.

OUTPUT KEGIATAN

Output kegiatan tersusunnya RUK Program UKM di Puskesmas.

 

sumber : Sub Bag Program


Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat