Berita

Dinkes Bantul Mengikuti Pertemuan Analisi Data Terintegrasi di LabKes

Kamis Pon, 18 Juni 2015 10:44 WIB 3111

ANALISIS DATA KESEHATAN TERINTEGRASI....SEBERAPA PENTINGKAH?

Dinas Kesehatan Darah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan pertemuan koordinasi lintas sektor dalam rangka analisis data kesehatan. Pertemuan dilaksanakan pada tanggal 17 Juni 2015 di Aula Labkesda Ngadinegaran dengan narasumber Kepala BPS DIY dan Kepala Bidang Analisis dan Desiminasi Informasi Pusdatin Kemenkes RI.

Peserta dalam pertemuan tersebut adalah Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, BPS Kabupaten Kota, Bapeda Kabupaten/Kota, BPS DIY, Bappeda DIY, Dinas Sosial DIY, BPPM DIY serta Tim Penyusun Profil Keseharan DIY maupun Kabupaten/Kota.

Pemateri pertama adalah Kepala BPS DIY, Y.Bambang Tistiyanto, MA.MSc yang menyampaikan tentang Data Kependudukuan, Kemiskinan dan Indikator Kesehatan di DIY. pemateri kedua dari Pusdatin Kemenkes Drh Didik Budijanto, MKes dengan materi Analisis Data Kesehatan dan manfaatnya. Dalam paparannya Kepala BPS DIY menyampaiakan beberapa data hasil riset yang berhubungan dengan kesehatan dan data dukung kesehatan dari bidang pendidikan, industri, pertanian dan kesejahteraan sosial. Pentingnya analisis data secara komprehensif dipandang dari berbagai sudut sektor akan memberikan dampak intervensi program yang lebih tepat sasaran.

Kepala Bidang Analisis dan Desiminasi Informasi Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI, drh Didik menyampaikan hasil analisis terpadu antar program dan antar sumber data kesehatan. Sumber data kesehatan terdiri atas dua sisi, yaitu data berbasis komunitas (hasil survai, penelitian dsb) dan data dari fasilitas kesehatan (data laporan rutin). Pada kesempatan tersebut juga disampaikan penilaian kualitas data rutin (Profil Kesehatan) yang nantinya dapat digunakan dalam menilai kualitas data rutin.

Sigit Program


Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat