Berita

Kebijakan percepatan STBM Kab. Bantul

Selasa Kliwon, 4 Agustus 2015 09:12 WIB 3077

foto

Optimalisasi peran Pokja Sanitasi Kabupaten. Semua anggota Pokja berpartisipasi sesuai tupoksi.

  1. Bappeda berperan koordinatif
  2. DPU untuk penyediaan:
  •  sarana fisik (IPAL Komunal, Saluran Rumah menuju IPAL Terpusat)
  • Anggaran pemicuan

Prosedur: berdasarkan hasil pemicuan, didapatkan lokasi masyarakat tidak mampu dan secara teknis memenuhi syarat, masyarakat mengajukan proposal dengan pendampingan sanitarian.

  1. Dinas Kesehatan berperan:
  • Melakukan pemicuan
  • Menyediakan data berdasarkan hasil pemicuan.
  • Data diinformasikan ke Bappeda untuk di share ke SKPD lain sesuai tupoksi
  • Memperkuat jejaring di tingkat kecamatan (camat, PKK, puskesmas, desa, Polsek, Koramil, UPT Pendidikan, KUA)
  • Optimalisasi kader
  1. Badan Lingkungan Hidup

Berperan dalam pilar Pengelolaan Sampah dan pengelolaan limbah Rumah Tangga:

  • Penyediaan sarana fisik: IPAL Biogas, Sarana pengelolaan sampah (Bak sampah, gerobak, biopori)
  • Pembinaan jejaring sampah
  • Pembinaan ketrampilan pemanfaatan sampah.
  1. Kantor Pemberdayaan Masyarakat Desa
  • Pembinaan lembaga pengelola air bersih pedesaan.
  • Pembinaan dilakukan bersama Dinas Kesehatan, sedangkan di tingkat kecamatan dan desa, dilakukan oleh puskesmas.
  1. Bagian Administrasi Pembangunan
  • Penyediaan stimulan jamban bagi masyarakat tidak mampu.
  • Prosedur: hasil pemicuan ditemukan warga yang benar-benar tidak mampu, warga tersebut disarankan membuat prososal dengan pendampingan sanitarian.

Hasil Kegiatan

 

  1. pembangunan 104 IPAL komunal, masing-masing dengan kapasitas 70-200 KK.
  2. pembangunan 2.870 saluran rumah pembuangan limbah rumah tangga ke IPAL Terpusat di Sewon,
  3. pembangunan dan perbaikan sarana pengelolaan air bersih pedesaan masyarakat dan pembentukan  pengelola air minum dan sanitasi masyarakat Yogyakarta (PAMMASKARTA) yang beranggotakan 180 kelompok,
  4. pembangunan 5.000 jamban sehat dan stimulan 3.587 jamban sehat,
  5. pembentukan dan pembinaan 1.027 posyandu
  6. penyelenggaraan Program DB4MK
  1. pemicuan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di 75 desa dan deklarasi 46 desa Stop BABS. 

Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat