Berita

Sub Bag Program mengikuti Rakontek DAK

Selasa Pahing, 21 Juni 2016 08:39 WIB 3037

foto

DAK atau Dana Alokasi Khusus, alokasi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara kepada provinsi/kabupaten/kota tertentu dengan tujuan untuk mendanai kegiatan khusus yang merupakan urusan Pemerintah Daerah dan sesuai dengan prioritas nasional. Dasar hukum DAK sendiri adalah UU Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah dan PP Nomor 55 Tahun 2005 tentang Dana Perimbangan.

Secara umum Penghitungan alokasi DAK dilakukan melalui dua tahapan, yaitu Penentuan daerah tertentu yang menerima DAK dan Penentuan besaran alokasi DAK masing-masing daerah. Besaran alokasi DAK masing-masing daerah ditentukan dengan perhitungan indeks berdasarkan kriteria umum, kriteria khusus, dan kriteria teknis. Untuk DAK bidang kesehatan tahun 2017, Kementerian Kesehatan RI melalui Sekretariat Jenderal, menyelenggarakan Rakontek DAK Fisik untuk membahas kebutuhan masing-masing daerah terhadap DAK dan besarannya pada tanggal 13 s.d 15 Juni 2016 di Jakarta.

Menjelang Rakontek DAK yang akan dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan RI di Jakarta, Subbag Program Dinas Kesehatan selaku koordinator usulan DAK dari Dinas Kesehatan dan RSUD Kabupaten/Kota se-DIY, serta Rumah Sakit dibawah Pemda DIY, menyelenggarakan Rapat Persiapan Rakontek DAK Fisik. Rapat diselenggarakan pada hari Kamis, 9 Juni 2016 di Aula C Dinas Kesehatan DIY.  Peserta rapat adalah perwakilan dari Dinas Kesehatan dan RSUD Kabupaten/Kota se-DIY, dan Rumah Sakit Pemda DIY, yang nantinya akan berangkat mengikuti Rakontek DAK Fisik di Kementerian Kesehatan tersebut di atas. Rapat ini bertujuan untuk mengkoordinasikan persiapan-persiapan yang diperlukan untuk Rakontek DAK, serta untuk klarifikasi data sebagai bahan pembahasan rapat.


Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat