Berita

DINAS KESEHATAN KABUPATEN BANTUL BERHASIL MERAIH SERTIFIKAT ISO 9001 : 2008

Rabu Pahing, 23 November 2016 16:04 WIB 2923

Kerja keras Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat telah membuahkan hasil. Dinas kesehatan Kabupaten Bantul telah menunjukan prestasinya dalam melayani masyarakat secara cepat, tepat dan bersahabat, terbukti dengan berhasilnya meraih Sertifikat ISO 9001 : 2008. Sebelum dinilai oleh tim ISO, Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul didampingi Gama Solution yang dipimpin oleh Bapak Komarudin.

 

          Pada hari Kamis, 17 November 2016 Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul resmi ditetapkan sebagai instansi bersertifikat ISO 9001 : 2008 tentang Sistem Manajemen Mutu yang telah dinilai oleh tim auditor NQA Global / NQA Indonesia. Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2008 adalah suatu standar Internasional untuk manajemen kualitas karena didalamnya menetapkan persyaratan-persyaratan dan rekomendasi untuk desain dan penilaian dari suatu sistem manajemen kualitas pelayanan. Standar tersebut bertujuan untuk menjamin bahwa organisasi memberikan pelayanan yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan.

 

            Berbagai persiapan untuk menghadapi Sertifikasi ISO 9001 : 2008 telah dilakukan semaksimal mungkin oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul. Berupa pembentukan panitia tim audit internal dan tim survey dalam membuat komitmen yang kuat, mulai dari Kepala Dinas Kesehatan sebagai top manajer, sekretaris, kepala bidang, kepala seksi hingga seluruh staff yang secara bersinergi mempersiapkan dokumen yaitu manual mutu, sasaran mutu, dokumen prosedur kerja dan instalasi kerja serta dokumen penunjang berupa dokumen internal dan eksternal. Perbaikan sarana dan prasarana meliputi penataan lemari, partisi ditiap bidang, pengecekan kebersihan toilet hingga hand sanitasi yang tersedia disetiap pintu-pintu masuk ruangan. Hasil audit eksternal dari NQA Global / NQA Indonesia berupa beberapa observasi dan dua temuan minor yang dengan sigap segera ditindaklanjuti oleh tim ISO Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul.


Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat