Berita

Puskesmas Pajangan : Gambaran Pelayanan Kesehatan di Kabupaten Bantul

Senin Kliwon, 30 Januari 2017 15:09 WIB 3689

foto
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul dalam Launching Pos Remaja 2014

Puskesmas Pajangan menjadi salah satu lokasi pada kunjungan Evaluasi  Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) oleh Kemendagri di Kabupaten Bantul pada tanggal 23-24 Januari 2017. Kepala Dinas Kesehatan Kab. Bantul menuturkan bahwa Puskesmas Pajangan merupakan gambaran pelayanan kesehatan di Kabupaten Bantul.

Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Pajangan yang meliputi pendaftaran,  pemeriksaan umum, gigi, KIA, laboratorium, fisioterapi dan farmasi telah memiliki pengukuran indikator mutu, pengendalian kinerja dengan 509 SOP ( Standart Operating Procedur) sebagai acuan kerja karyawan dan pemeliharaan sistem dengan 5S ( Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) dan 5R ( Rapih, Resik, Ringkes, Rawat dan Rajin).

Kepala Puskesmas Pajangan, dr Lucia Sri Rejeki menuturkan saat pasien datang ke  puskesmas dapat mengakses informasi tentang jenis layanan, waktu, petugas, alur, denah dan petunjuk arah. Pelayanan dilakukan dengan computerized sehingga mempermudah pencarian rekam medik dan membantu pasien apabila kartu periksa tertinggal atau hilang.

Sebagai evaluasi kinerja layanan disediakan sarana masukan pelanggan berupa kotak saran dan SMS center serta kotak kepuasan bagi pelanggan. Untuk  tindaklanjut penanganan keluhan  diberikan feedback melalui papan informasi.

Kegiatan inovatif banyak dilakukan di Puskesmas Pajangan antara lain pendampingan  bagi korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). Bermula dari seringnya permintaan visum dari Polsek Pajangan dengan kasus korban kekerasan rumah tangga, Puskesmas Pajangan menyediakan tempat perlindungan (shelter) sementara bagi korban KDRT di unit rawat inap tanpa biaya.

Program inovasi lain adalah Pos Remaja  SETARA ( Sahabat Edukasi Sehat bagi Remaja) yang merupakan kelompok remaja pendamping sebaya yang berasal dari-desa-desa di wilayah kerja Puskesmas Pajangan yang telah dilatih oleh Puskesmas. Program ini berawal dari data KUA Kecamatan Pajangan tahun 2013 yang menunjukkan bahwa 30 % perkawinan adalah perkawinan usia remaja.

Program spesifik lain yang dilakukan adalah kunjungan rutin ke Rutan Bantul yang berada di Desa Guwosari Pajangan  untuk  penyuluhan, pendampingan kesehatan mental maupun pemeriksaan kesehatan bagi warga binaan.


Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat