Berita

Puluhan Pemuda Grojogan Megikuti Sosialisasi Pencegahan Penyakit Tidak Menular

Senin Pon, 27 Februari 2017 12:16 WIB 2910

foto
Kegiatan Sosialiasi Pencegahan Penyakit Menular di Desa Grojogan (kegiatan pendaftaran dan anamnesa faktor resiko, pengukuran Tinggi Badan, Berat Badan, Pengukuran tekanan darah dan konseling)

Bantul, Promkes-Puluhan pemuda Grojogan pada Sabtu malam lalu (25/2) ikut serta dalam acara “Sosialisasi Pencegahan Penyakit Tidak Menular”. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Puskesmas Banguntapan II ini dibantu oleh Posbindu (Pos binaan terpadu) dari Anmuba (Anak Muda Bantengan). Sosialisasi ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Puskesmas Banguntapan II untuk melakukan preventif (pencegahan) terhadap penyakit yang tidak menular.  

Baca: Cegah Penyakit Tidak Menular, Puskesmas Banguntapan 2 gandeng Angkatan Muda Bantengan (ANMUBA)

Kepala Puskesmas Banguntapan II, dr Wahyu Pamungkasih mengungkapkan kepada usia produktif merupakan usia yang paling mendominasi di desa Grojogan. “Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi banyak orang, karena orang sehat lebih banyak 80%, mereka juga harus diopeni agar tidak terkena penyakit, khususnya penyakit tidak menular,” kata dr Wahyu.  Menurutnya acara ini merupakan aksi preventive yang dilakukan oleh Puskesmas Banguntapan II terhadap penyakit khususnya penyakit tidak menular warga Grojogan, menyasar warga usia produktif (di atas 15 tahun). Hal ini dikarenakan kesehatan usia produktif suatu masyarakat sangat penting dalam hal indeks produktifitas warganya.

Acara ini sangat disambut baik oleh warga Grojogan, “acara ini sangat penting untuk menciptakan lingkungan sehat dan warga sehat,” kata Budi Tulus, Ketua Pemuda Desa Grojogan. Warga yang hadir tak hanya diberi pegarahan hidup sehat, namun juga diisi degan konseling dan pengecekan kesehatan (pengukuran Tinggi Badan (TB), Berat Badan (BB), pengukuran tekanan darah hingga anamnesa faktor resiko) para warga yang datang. (YA)

Baca Juga: Cegah Penyakit Tidak Menular, Pusk. Bambanglipuro giatkan Club Prolanis


Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat