Berita

200 Kader Posyandu mengikuti TOT Program Aksi Anti Kuman

Selasa Wage, 28 Februari 2017 14:03 WIB 2895

foto
Para peserta TOT Program Aksi Anti Kuman sedang mendengarkan sambutan dari Ketua TPPKK, Hj. Erna Suharsono, pada Selasa 28 Februari 2017. Promkes/YA

Bantul, Promkes-Untuk membangun generasi sehat di Bantul Tim Penggerak PKK (TPPKK) Kabupaten Bantul bekerjasama dengan Persada menyelenggarakan “Traning of traners Program Aksi Anti Kuman Wipol” pada Selasa (28/2). Acara ini diselengarakan di pendopo Rumah Dinas Bantul dan dihadiri oleh 200 peserta. 200 peserta yang hadir merupakan perwakilan dari 10 desa dan merupakan kader posyandu Kabupaten Bantul.

Traning yang diselenggarakan ini merupakan program lanjutan dari kemitraan Gubernur DIY dengan PT Uniliver Indonesia dalam rangka meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup masyarakat. Ketua TPPKK, Hj. Erna Suharsono mengungkapkan “program ini diharapkan para kader yang hadir bisa menjadi agen desa yang dapat memberikan arah kepada warga desa yang tidak ikut untuk menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS)”.  Hal ini juga diungkapkan oleh Program Director Persada, Widiyani, menurutnya Program Aksi Anti Kuman Wipol merupakan edukasi PHBS tatanan rumah tangga kepada kader Posyandu/PKK yang dilanjutkan dengan pendampingan ke rumah tangga. “Acara hari ini sangat bermanfaat bagi  para kader, khususnya saya. Saya bisa menerapkan pola hidup sehat di rumah dan masyarakat dan bisa sekalian silaturahmi,” ujar Siti Hidayatun, Kader PKK Desa Ringinharjo.

Dede Nia Kurnia, S.Si, M.Kes Staf Promkes Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantul menjelaskan “Perawatan Rumah Bersih merupakan pertahanan pertama bagi setiap keluarga,”. Menurutnya PHBS di Rumah Tangga adalah upaya untuk memberdayakan anggota rumah tangga agar sadar, mau dan mampu mempraktikkan PHBS untuk memelihara dan meningkatkan kesehatannya, mencegah resiko terjadinya penyakit dan melindungi diri dari ancaman penyakit tidak menular. (YA)

Baca: Aktifkan Posyandu Balita dan Lansia, Pedukuhan Kowen II Komitmen menyehatkan masyarakat


Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat