Berita

Puskesmas Pandak II Gelar Sosialisasi Kawasan Sehat Bebas Asap Rokok di Dusun Tirto

Kamis Pon, 9 Maret 2017 13:18 WIB 2681

foto
Puluhan warga Dusun Tirto saat mendengarkan penyuluhan kesehatan oleh dr Tri Lestari, pada Rabu Malam 8 Maret 2017. Promkes/YA

Bantul, Promkes-Rabu ini (8/3), Puskesmas Pandak II menggelar sosialisasi kawasan bebas asap rokok di Dusun Tirto, Desa Triharjo, Kecamatan Pandak. Acara yang dihadiri oleh seluruh perangkat dusun, kader PKK serta warga lainnya ini diselenggarakan di Rumah Ibu Suratmaningsih, DusunTirto, Triharjo dengan agenda pemberian materi tentang rokok dan permasalahan dan dilanjut dengan pengembangan kawasan tanpa rokok.

 Sosialisasi ini merupakan satu rangkain acara berkaitan dengan dtunjuknya Dusun Tirto sebagai dusun percontohan berkaitan dengan dusun sehat bebas asap rokok. Seperti yang diungkapkan dr F. Sita Murti, Kepala Puskesmas Pandak II saat memberikan sambutan “…terimakasih atas kesediaan dan antusias warga dusun tirto untuk dijadikan susun percontohan pergerakan masyarakat” .

Acara inipun disambut baik oleh warga Dusun Tirto, mereka saat berantusias dalam mengikuti acara ini terlebih lagi berkaitan dengan terwujudnya desa sehat, kawasan dilarang merokok. “Saya sangat mendukung program kawasan dilarang merokok ini, dan bersedia jika saya dijadikan komite KMD dan sudah saatnya warga dusun Tirto untuk hidup lebih sehat,” Ujar Pak Mardi, Kepala Seksi Ekonomi Pembangunan (Kasie Ekbang) Triharjo.

Hal sama juga diutarakan oleh Suratmaningsih, warga Dusun Tirto. Ia mengungkapkan bahwsanya warga harus berperan aktif dalam pembentukan dusun Kawasan dilarang merokok (KDM). Termasuk didalamnya pemasangan stiker dilarang merokok di setiap rumah Dusun Tirto. Menurut rencana, sosialisasi ini akan dilanjutkan dengan agenda tindak lanjut strategi pelaksaanaan dusun sehat bebas asap rokok.  (YA)



Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat