Berita

Puskesmas Pandak II Melakukan Pembinaan Sekolah Sehat di TK Gluntung Kidul

Selasa Pon, 14 Maret 2017 08:42 WIB 3002

foto
Team Pokja UKM Puskesmas Pandak II sedang melakukan kampanye, pengukuran tinggi badan para siswa di TK Gluntung Kidul pada Senin, 13 Maret 2017. Promkes/YA

Bantul, Promkes- Pada Senin (13/3) Kelompok Kerja (Pokja)Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM)  Puskesmas Pandak II melakukan pembinaan sekolah sehat di TK Gluntung Kidul, Caturharjo, Pandak. Acara ini merupakan komitmen Puskesmas Pandak II untuk menyehatkan lingkungan daerah wilayah kerja mereka.  Seperti yang diungkapkan oleh Kepala Puskesamas Pandak II, dr F. Sita Murti “kami harapkan sekolah di wilayah Puskesmas Pandak II dapat berproses menjadi sekolah sehat,” ujarnya.

Program pembinaan sekolah sehat ini merupakan program terpadu yang dilaksanakan secara rutin oleh Pokja UKM Puskesmas Pandak II. Team tersebut terdiri dari petugas Promkes, UKS, Bidan Gizi, dan Perawat Gigi. Dalam kegiatan ini team melakukan beberapa pemerikasaan  antara lain deteksi dini tumbuh kembang anak, skrining gigi dan mulut, penyuluhan dan terakhir kampanye sekolah sehat. Kampanye sekolah sehat yang dilakukan meliputi, kantin sehat/makanan sehat, uks sehat , cuci tangan pakai sabun (CTPS), tanaman obat keluarga (toga). 

Tak berhenti pada pembinaan saja namun menurut dr Sita, selang 6 bulan setelah dilakukan pembinaan ini Puskesmas Pandak II akan  pemantauan/evaluasi tentang tindak lanjut dari pembinaan tersebut. (YA)



Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat