Berita

Dinkes Ajak Anak-Anak SD Wonolelo Makan Makanan Higienis dan Bergizi

Rabu Legi, 22 Maret 2017 07:22 WIB 3124

foto
Etty Dwi Riswanti, SKM dan Fasilitator lainnya saat memandu permainan Ular Tangga "Makanan Sehat dan Gizi Seimbang" di Halaman SD Wonolelo, pada Selasa 21 Maret 2017. Promkes/YA

Bantul, Promkes- Seksi Kesehatan Lingkungan Kerja dan Olahraga (KKO) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantul menyelenggarakan implementasi Hygiene Sanitasi Makanan (HSM) di SD Wonolelo, Pleret. Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara Seksi Kesehatan Lingkungan Kerja dan Olahraga Dinas Kesehatan dengan Puskesmas Pleret.

Kegiatan ini diisi oleh Etty Dwi Riswanti, SKM dan Nanang Kusworo, ST. M.KM, Staff KKO.”Kegiatan ini merupakan upaya edukasi kepada anak-anak tentang makanan sehat dan bergizi, sehingga mereka tidak jajan sembarangan,” ujar Etty dalam acara ini.

Dalam kegiatan ini untuk mengurangi kepenatan/kebosanan para siswa, fasilitator menerapkan metode fun game dengan game yang digunakan adalah ular tangga. Etty menjelaskan pemberdayaan masyarakat dengan sasaran utama anak sekolah akan lebih efektif apabila diberikan melalui media berupa permainan yang dilengkapi dengan karikatur menarik.

Etty menjelaskan lebih rinci bahwa perbedaan permainan ular tangga “Makanan Sehat dan Gizi Seimbang” dengan ular tangga pada biasa adalah cara bermain yang berkelompok, adanya pertanyaan di setiap kotak dan besar ular tangga. Para peserta didik yang mengikuti kegiatan ini dibagi menjadi beberapa kelompok dan masing-masing kelompok. Setiap kelompok mewakilkan anak untuk melempar dadu dan berdiri di kotak ular tangga, dan mereka harus menjawab pertanyaan yang ada dibalik kotak yang mereka pijak. Sehingga dalam kegiatan ini anak-anak-anak di bangun rasa kerjasama tim, pemahaman tentang makanan yang sehat dan bergizi, dan tentunya mereka dapat berman sambil olahraga. (YA)

Baca: 52 Anak mengikuti Lomba Dokcil SD/MI se-Kabupaten Bantul 2017



Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat