Berita

Revitaslisasi Desa Siaga: Dinkes Undang 40 Lurah

Jumat Pon, 24 Maret 2017 13:17 WIB 2930

foto
dr Rr Anugrah Wiendyasari bersama Gupieanto Susilo, SE. MM (atas), dan I Nyoman Gunarso, S.Psi, M.Ps (bawah) saat memberikan paparan pada tanggal 21-22 Maret 2017. Promkes/YA

Bantul, Promkes-Sebanyak 40 Luruah se-Kabupaten Bantul diundang untuk mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Desa Siaga. Diundangnya para lurah ini merupakan bentuk komitmen dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantul dalam rangka mewujudkan masyarakat mandiri.

“pemberdayaan masyarakat mandiri merupakan paradigm kerja yang sedang dibangun oleh Dinkes, sehingga kegiatan ini menjadi penting demi terwujudnya paradigm tersebut,” ujar I Nyoman Gunarso, S.Psi, M.Ps, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kabid Kesmas).

Acara yang berlangsung selama dua hari 21-22 Maret 2017 ini diselenggarakan di Aula Serbaguna, Gedung Pengawas Dikpora Kabupaten Bantul.

Baca: Promkes Kumpulkan 40 Warga Bantul untuk Mengikuti Bimtek DB4MK

“kami mengadakan ini, dikarenakan masih banyak desa yang strata desa siaganya masih rendah dan mandeg (berhenti-red), sehingga kami ingin mengetahui kendala-kendala yang terdapat di desa tersebut,” ujar Sri Sudewi, ST, M.PH selaku Kepala Seksi Promosi dan Kesehatan Masyarakat(Promkes) Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul. Ia juga menambahkan tujuan Bimtek ini untuk selain mendorong desa yang belum aktif juga ajang sering bagi para lurah mengenai kendala yang ditemui di masyarakat.

Kemandegan juga dialami oleh Desa Seloharjo,” Forum desa sehat kami mengalami kemandegan, karena masih kurang koordinasi dengan masyarakat,” ungkap Alip, Lurah Desa Seloharjo.

dr Rr Anugrah Wiendyasari, Kasie Kesga gizi, Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinkes Bantul, “kami harap masyarakat tidak menggantungkan segalanya pada pemerintah, karena tenaga kesehatan kita terbatas. Sehingga masyarakat desa harus berupaya mandiri membantu menyehatkan masyarakat” jelasnya

Bimtek ini juga diisi oleh Gupieanto Susilo, SE. MM Kepala Sub bagian (Kasubbag) Perumusan Kebijakan Kesra Kabupaten Bantul dan Lurah Bangunjiwo (lurah teladan nasional). Menurut Gupie program Desa Siaga ini tidak akan berjalan dengan lancar jika keluarga tidak sehat, sehingga Pemerintah Bantul mencanangkan Program Keluarga Sehat. Bimtek diakhiri dengan Evaluasi dan Rencana Tindak Lanjut (RTL) Desa Siaga. (YA)

 

Baca Juga : Tilaman, Mangunan dan Sulang Kidul Terpilih Menjadi Dusun Sehat Bantul 2017



Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat