Berita

Puskesmas Sanden Ajak Tokoh Agama Cegah PTM

Jumat Pon, 24 Maret 2017 13:39 WIB 3273

foto
Sri Sri Sudewi, ST, M.PH, dr Karmijono Pontjo W, MPH dan dr Anastasia Endar W pada Kamis 23 Maret 2017. Promkes/YA

Bantul, Promkes-Kamis (23/3) Tim kelompok Kerja (Pokja) Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) Puskesmas Sanden adakan Sosialisasi Germas Pos pembinaan terpadu (Pusbindu) Penyakit Tidak Menular (PTM) kepada para Takmir Masjid di Sanden. Acara yang berlangsung di Aula Puskesmas di hadiri sebanyak 36 takmir.

“kami ingin menjangkau segala segmen, takmir bisa jadi kepanjangan tangan puskesmas. Karena mereka jadi role model (contoh)-red oleh jama’ahnya,” papar dr Anastasia Endar W. selaku Kepala Puskesmas Sanden. Ia juga berharap para takmir dapat menularkan hidup sehat dan cegah PTM kepada para jama’ah masjid.

Acara ini diisi oleh dr Karmijono Pontjo W, MPH selaku Kepala Seksi (Kasie) Penanggulangan dan Pencegahan Penyakit Tidak Menular dan Sri Sri Sudewi, ST, M.PH selaku Kepala Seksi (Kasei) Promosi dan Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan.

“Posbindu PTM sangat penting sebagai upaya menurunkan risiko PTM,” tegas Karmijono. Ia juga menambahkan kecenderungan laki-laki di Sanden malas mengikuti pemeriksaan. Jadi penyelenggaraan Posbindu merekrut Tokoh Agama sebagai kader menjadi salah satu cara pensuksesan pencegahan.

Baca: Puluhan Pemuda Grojogan Megikuti Sosialisasi Pencegahan Penyakit Tidak Menular

"dampak meningkatnya kejadian PTM adalah meningkatnya pembiyayaan pelayanan kesehatan, dan menurunya produktivitas masyarakat. Sehingga harus kita galakan Posbindu PTM," ujar Sri Sri Sudewi, ST, M.PH(YA)

Baca Juga: Puskesmas Pandak II Gelar Sosialisasi Kawasan Sehat Bebas Asap Rokok di Dusun Tirto



Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat